Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Skills.id

UMKM Serap Tenaga Kerja Mencapai 96,99 Persen

Topcareer.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Saat ini jumlah UMKM di Indonesia tercatat 59,26 juta dan memberikan kontribusi produk domestik bruto (PDB) sebesar 62,54 % serta penyerapan tenaga kerja mencapai 96,99 persen.

Hal ini disampaikan Direktur Bisnis dan Pemasaran Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), Armel Arifin di acara Art and Craft Expo 2019 di Food Centrum, Sunter, Jakarta Utara, Senin (23/9/2019).

“Tentu potensi UMKM ini sangat luar biasa. Namun selama ini belum mendapatkan perhatian, khususnya agar mampu meningkatkan aksesibilitas ke pasar global.”kata Armel.

Menurut Armel ini adalah peluang bagi para pelaku startup, untuk mengembangkan bisnis UMKM, karena menurutnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi global. Ia sangat berharap kedepan akan semakin banyak startup yang mau berinovasi dan mengembangkan bisnis UMKM. Karena menurutnya transformasi digital akan mampu mendorong sektor ini ke pasar global.

Skills.id sebagai sebuah platform yang mempertemukan pengajar dengan orang yang ingin belajar, telah menjadi bagian penting bagi para wirausaha pemula (WP) dengan memanfaatkan proses belajar dan kolaborasi yang sangat kuat.

“Saya pikir ini akan menjadi gebrakan baru untuk mengembangkan art and craft dalam negeri. Serta langkah positif dari anak muda yang aware terhadap digitalisasi di indonesia. Karena kalo bicara digital identik dengan anak muda.” kata Armel.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply