Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Tingkatan Posisi Chef di Dapur Profesional

Topcareer.id – Setiap dapur profesional, seperti di restoran mewah atau hotel megah, struktur pekerjanya bermacam-macam. Biasanya departemen main kitchen (dapur utama) akan berbeda dengan pastry/bakery kitchen, meski pada dasarnya punya struktur pekerja yang sama. Mulai dari bawah sebagai helper hingga executive chef.

Untuk yang memegang departemen pastry sendiri atau bertanggung jawab atas semua kegiatan di departemen tersebut, namanya pastry chef. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat kepada TopCareer.id, Rabu (15/8/2018).

Nah, di bawah posisi pastry chef, masih ada sous chef. Septian mengibaratkan posisi ini seperti asisten dari pastry chef atau executive chef kalau di departemen main kitchen. Sous chef juga ibarat tangan kanan dari kepala chef.

Baca juga: Berapa Gaji Chef Profesional? Ini Bocorannya

“Di bawahnya lagi ada chef de partie (CDP). Kalau CDP ini seperti supervisornya di dapur. Mereka di dapur juga, mereka kadang develop produk juga. Di bawahnya lagi, ada commis. Mereka itu biasanya mengerjakan mulai dari preparation dan semuanya. Namun, untuk finishing CDP ke atas,” kata Septian.

Septian mengatakan, biasanya untuk bagian CDP atau setara supervisor hingga level-level atasnya akan lebih banyak berkaitan dengan manajemen hingga mengembangkan menu baru. Untuk hotel serta restoran profesional, variasi menu itu sangat perlu.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply