Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pelajaran Karier dari Cristiano Ronaldo yang Berguna Buat Kamu

Topcareer.id – Cristiano Ronaldo yang lahir 5 Februari 1985 merupakan atlet sepak bola yang berposisi sebagai penyerang pada negaranya Portugal dan kini berlaga di klub asal Italia, Juventus.

Mega bintang sepak bola dunia ini memiliki sangat banyak prestasi dan penghargaan bergengsi tingkat dunia yang sudah ia raih. Atlet pemilik akun Instagram dengan followers terbanyak nomer 1 di dunia (186 Juta Followers saat artikel ini diunggah) ini baru saja menambah catatan prestasinya lagi dengan mencetak rekor 700 goal sepanjang karier profesionalnya.

Di usia nya yang sudah tidak terbilang muda (34 tahun) Cristiano masih terus menunjukkan taji nya dalam karier sepak bolanya. Melansir Leaderonomics.com, Jumat (18/10/2019) ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari kesuksesan seorang Cristiano Ronaldo.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kebiasaan Bergosip di Tempat Kerja

Percaya pada talent kamu
Setiap orang memiliki bakat alias talent. Cristiano mulai berlatih sejak usia sangat muda dan selalu bersemangat. Dia sempat sangat sedih karena kritik pedas terhadap bakatnya. Namun, Cristiano tidak mundur karena dia memiliki kepercayaan diri untuk tidak meragukan talent-nya. Coba lihat dirimu apakah kamu sudah bekerja dengan penuh semangat untuk mengembangkan talent kamu? Yakinlah pada diri sendiri dan talent yang kamu punya.

Berlatih, berlatih, dan berlatih
Cristiano tidak pernah lelah untuk terus berlatih mengembangkan dirinya. Semua rekan satu tim dan pelatih yang pernah bekerja bersamanya semuanya kagum pada dirinya yang sangat giat berlatih. Mereka selalu menjumpai Cristiano sudah berlatih sebelum jam latihan dimulai, dan masih kembali berlatih saat jam pulang sudah tiba. Bahkan disaat musim libur pun Cristiano sering ditemukan sedang berlatih. Jika hal yang Cristiano ini diaplikasikan dalam pekerjaanmu, bisa jadi akan memberikan efek baik dalam mengembangkan diri dan skill kamu dalam bekerja.

Baca juga: Keuntungan Punya Alat Pembuat Kopi di Tempat Kerja

Jangan biarkan hal negatif mempengaruhi dirimu
Pada usia 15 tahun, Cristiano didiagnosis mengidap penyakit jantung yang akan menjadi bencana bagi karier olahraganya. Ia pun menjalani operasi dan mulai kembali berlatih segera setelah dia keluar dari rumah sakit. Dalam kehidupannya yang sangat miskin Ayahnya pernah berkata pada dirinya bahwa sepakbola tidak akan membuat hidup kaya. Cristiano merasa patah hati mendengarnya, tapi ia tidak membiarkan hal negatif itu mempengaruhinya, ia tetap terus maju dan sekarang berhasil membuktikannya. Bagaimana dengan kamu? Apakah hal negatif menghalangimu? Hati yang “patah” tidak menghentikan Cristiano, jadi apa alasanmu?

Berusaha selangkah lebih maju dari pesaing
Selama bertahun-tahun Cristiano berlatih dengan sangat keras sehingga ia selalu selangkah lebih maju dari lawan-lawannya. Bagaimana kamu bisa tetap terdepan dalam bekerja? Coba lakukan cara Cristiano untuk terus meningkatkan diri sehingga pesaing kamu tidak akan dapat melewati kinerjamu.

Miliki mentor yang baik
Sir Alex Ferguson dan Ronaldo memiliki hubungan yang menarik. Ferguson membantu mengembangkan Ronaldo dan Ronaldo sering mengambil nasihat bijaknya. Semua orang membutuhkan mentor yang baik untuk naik tangga kepemimpinan secara efektif. Apakah kamu memiliki seorang mentor? Pemimpin atau mentor yang hebat akan banyak memberi kamu feedback yang baik untuk kemajuan dirimu.

Baca juga: Ini Efek Kesehatan yang Intai Kamu Karena Kerja di Ruang Ber-AC

Tidak pernah berhenti belajar
Walaupun Cristiano pindah dari real Madrid di Spanyol ke Juventus di Italia mengharuskannya beradaptasi dengan hal baru seperti budaya, bahasa dan gaya permainan sepak bola Italia tidak mudah, dia terus mendorong dirinya sendiri untuk belajar segala hal yang diperlukan agar dirinya tetap menjadi yang terbaik. Coba lihat dirimu, apa kamu memiliki hasrat untuk terus berkembang? Cristiano terus mendorong dirinya sendiri, cobalah dirimu untuk terus berusaha juga menjadi yang terbaik dalam pekerjaan dan kariermu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply