Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dapat Panggilan Wawancara? Ini Tips Atasi Panel Interview

Dok. Work It Daily

Topcareer.id – Beberapa perusahaan ada yang menggunakan metode panel interview pada kandidatnya. Panel interview pada dasarnya sama dengan interview biasa, bedanya hanya kandidat diinterview langsung oleh beberapa orang panelis.

Untuk menghadapi panel interview diperlukan persiapan dengan metode yang berbeda dengan interview biasa. Melansir Creersidekick.com, Minggu (20/10/2019) berikut ada beberapa tips untuk menghadapi panel interview.

Baca juga: Apa Makanan yang Tepat Sebelum Interview Kerja?

Latih bahasa tubuh dan kontak mata
Bersiaplah untuk mempertahankan kontak mata dengan seluruh panelis, dan latih bahasa tubuh kamu. Kontak mata, postur, jaga tangan dan kaki kamu (tidak menimbulkan gerak-gerik yang tidak diperlukan). Dalam panel interview akan lebih banyak tekanan, lebih banyak orang untuk melakukan kontak mata dan berinteraksi, dll.

Ajukan banyak pertanyaan
Penting untuk mengajukan banyak pertanyaan dalam panel interview. Siapkan pertanyaan-pertanyaan besar untuk diajukan kepada mereka. Saat mengajukan pertanyaan, kamu bisa mengarahkan pertanyaan ke orang tertentu atau seluruh panel.

Baca juga: Cara Menjawab “Apa Kelebihan Anda?” Saat Interview

Cari tahu siapa yang akan jadi panelis
Luangkan waktu untuk mempelajari tentang para panelis. Lakukan riset dan cari tahu latar belakang mereka. Ini akan membantumu merasa lebih percaya diri dalam interview. Ingat! Hormati semua panelis dalam proses interview. Jangan karena ada salah satu dari panelis memiliki jabatan “lebih rendah” di perusahaan, tidak berarti kamu harus bertindak atau menjawab pertanyaan mereka secara berbeda.

Bawa copy CV untuk setiap panelis
Ini cara sederhana untuk secara profesional terlihat siap dan memastikan semua orang di panel wawancara akrab dengan latar belakang kamu.

Baca juga: Hindari Kesalahan Berpakaian Saat Interview

Bersiap untuk mencatat
Kamu akan menerima banyak informasi dalam panel interview. Kamu harus mengingat fakta-fakta kunci yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mengajukan pertanyaan. Dan berguna untuk mempersiapkan dirimu pada interview lanjutan.

Bangun hubungan dan buat koneksi kuat
Lakukan yang terbaik untuk membangun koneksi dengan sebanyak mungkin panelis. Pastikan juga untuk menghafal nama para panelis dan gunakan nama mereka dalam percakapan. Dalam panel interview, mereka tidak hanya mengevaluasi keterampilan dan pengalaman kamu. Mereka juga ingin melihat bagaimana kamu akan cocok dengan tim saat ini, budaya perusahaan, dan banyak lagi. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply