Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Memasarkan Produk? Ini Tahapan Marketing Plan yang Wajib Kamu Pahami

Dok. Lyfe Marketing

Topcareer.id – Marketing plan biasanya dimasukkan sebagai bagian dari keseluruhan rencana bisnis. Ini merupakan dokumen yang merinci semua yang perlu untuk berhasil mempromosikan bisnis perusahaan.

Marketing plan harus menjangkau satu tahun untuk mencapai tujuan besar dan jangka panjang. Namun ia juga harus tetap fleksibel ketika keadaan dan tujuan berubah seiring waktu.

Sebagai seorang entrepreneur kamu harus buat marketing plan agar langkah pemasaran produk barang atau jasamu tertata. Dilansir dari Theeverygirl.com, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk menyatukan elemen penting dari marketing plan bisnis perusahaan.

Baca juga: Begini Cara untuk Tetap Bertahan Jadi Entrepreneur

Ketahui bisnis kamu
Hal ini seharusnya tidak terlalu sulit. Lagipula, tidak ada yang lebih tahu bisnis yang kamu jalani selain dirimu sendiri. Pikirkan bagian ini sebagai peluang untuk memberikan gambaran umum tentang operasi bisnis kamu saat ini. Dalam bagian ini, beberapa perusahaan memilih untuk melakukan analisis SWOT — yang merinci kekuatan dan kelemahan organisasi, serta setiap peluang untuk pertumbuhan, dan ancaman yang dapat menghambat kemajuan itu.

Tentukan target pasar
Dalam sesi marketing plan ini, kamu harus membuat daftar apa saja dan semua yang kamu ketahui tentang pelanggan ideal kamu. Ini termasuk informasi demografis dasar, seperti jenis kelamin dan usia. Tetapi kamu juga harus menggali lebih dalam perilaku dan keputusan mereka. Mengetahui pelanggan dari dalam dan luar akan membantu ketika mengidentifikasi taktik dan strategi pemasaran.

Baca juga: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Partner Bisnis

Analisis pesaing
Persenjatai bisnis dengan segala macam pengetahuan tentang pesaing. Ini akan sangat membantu dalam menemukan cara untuk membedakan diri dari orang banyak. Jelaskan mengapa produk kamu berbeda. Kamu akan dapat memanfaatkan pembeda ini untuk memasarkan bisnis kamu secara efektif. Menganalisis pesaing bisa jadi membuatmu sakit hati apalagi mereka sangat berkembang. Tetapi ini langkah penting untuk menunjukkan kepada investor potensial bahwa kamu mengetahui persaingan dan bersiap untuk mengatasi tantangan secara langsung.

Tetapkan tujuan
Bergantung pada situasi dan ambisi kamu saat ini, tujuan bisa berkisar dari hal yang muluk-muluk seperti menggandakan sales atau meningkatkan pangsa pasar sampai ambisi yang lebih kecil seperti mendapatkan 100 pengikut baru di akun Instagram brand kamu atau memulai blog untuk bisnis. Yang terpenting beri kepastian pada tujuan yang ingin kamu capai sepanjang tahun. Apakah itu mungkin atau tidak.

Baca juga: Kerja, Kuliah dan Wirausaha. Bagaimana Cara Atur Waktunya?

Outline strategi
Setelah kamu menjabarkan apa yang ingin dicapai, sekarang saatnya untuk merinci strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan ini. Ambil setiap tujuan secara terpisah, dan list item tindakan yang akan dilakukan. Ini memungkinkan kamu untuk melihat apa yang perlu dilakukan untuk mendorong dirimu menuju pencapaian itu.

Set budget
Bisa jadi ini bagian penting yang ditakuti. Dalam rencana bisnis lengkap, kamu harus merinci seluruh sisi keuangan bisnis kamu. Namun dalam marketing plan, tetap fokus dan disiplin pada kegiatan pemasaran terkait. Berapa banyak yang kamu rencanakan untuk dibelanjakan pada pemasaran dan promosi sepanjang tahun berikutnya, dan yang terpenting, dari mana uang ini berasal.

Itu semua langkah-langkah yang diutuhkan dalam membuat marketing plan untuk bisnis. Kamu hanya perlu menggabungkan semuanya dan mulailah bekerja. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply