Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ada Dua Sebab Bosan dengan Pekerjaan, Kamu yang Mana?

Dok. Medical News Today

Topcareer.id – Bosan di kantor itu normal. Tapi kalau kamu terus-terusan merasa bosan dengan pekerjaan, itu bisa bikin stres. 

Penelitian menunjukkan bahwa kebosanan di kantor benar-benar dapat menyebabkan kelelahan, motivasi rendah, dan kurang fokus.

Dalam laporan baru-baru ini tentang penelitian yang akan rilis dalam Current Direction in Psychological Science, penulis kuarsa Sarah Todd merangkum ilmu terbaru dengan menjelaskan bahwa ada dua tempat kebosanan di tempat kerja berasal. Kurangnya fokus, dan kurangnya tujuan.

Baca juga: Bosan Stres? Coba 8 Pekerjaan Minim Tekanan Ini

Leslie Becker-Phelps, Ph.D., seorang psikolog berlisensi mengatakan langkah pertama dalam mengatasi kebosanan adalah memahami tipe yang kini tengah kamu alami. Hayo, kamu yang mana?

1. Jika kamu bosan karena kurang fokus …

Coba “kesadaran diri akan rasa kasihan”

Seringkali, kurangnya fokus berasal dari tugas yang terasa terlalu mudah, atau terlalu sulit. Lagipula, beban kerja ideal adalah beban yang menantang. Jadi, jika pekerjaanmu saat ini tidak pada level yang tepat untukmu, itu bisa membuat stres, lho.

Becker-Phelps merekomendasikan berolahraga “kesadaran akan rasa kasihan” untuk mengurangi stres itu. Coba perhatikan tiap tugas yang kamu kerjakan, dan bagaimana perasaanmu terhadap tiap tugasmu. Coba berbelas kasih pada diri sendiri jika memang ternyata pekerjaan itu memang sulit, daripada mengatakan ke diri sendiri bahwa kamu tidak mampu melakukannya.

Luangkan waktu untuk apa yang kamu sukai di luar pekerjaan

Jika hidup di luar kantor terasa membosankan bagimu, perasaan itu bisa menjadi penghambat waktu di tempat kerja. Bagaimanapun, kita tahu bahwa memisahkan karier dan kehidupan sosial sepenuhnya tidak realistis.

“Jika kamu merasa kurangnya makna dalam hidup, coba pikirkan tentang apa yang penting bagi hidupmu dan jenis kegiatan apa yang kamu sukai. Bicaralah dengan orang-orang yang mengenalmu dengan baik dan dapat membantu mengembangkan wawasan tentang tujuan atau kegiatan apa yang mungkin bermanfaat bagimu,” saran Becker-Phelps.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply