Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Yuk, Kuasai Seni Delegasi. Begini Caranya

Dok. iStock

Topcareer.id – Tidak selalu mudah untuk memimpin sebuah perusahaan, organisasi, atau sebuah divisi. Kamu harus pandai mendelegasikan tugas pada karyawan. Delegasi yang asal-asalan bisa menyebabkan karyawan merasa diperlakukan secara otoriter dan tidak menyenangkan.

Pendelegasian tugas merupakan sebuah seni yang harus dikuasai seorang pemimpin. Melansir americanexpress.com, Kamis (07/11/2019) berikut cara menguasai seni delegasi.

Baca juga: Hasil Riset: Wanita Bermakeup Tebal Kurang Penuhi Syarat Jadi Pemimpin

1.Pilih hal-hal yang akan didelegasikan (pekerjaan level mudah)
Dalam operasional sehari-hari, ada tugas yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian khusus. Lakukan audit waktu selama seminggu dan cari tahu pekerjaan sibuk apa yang menghabiskan banyak waktu kamu. Lalu sewa asisten (baik penuh waktu, paruh waktu, atau virtual) agar kamu bisa mendelegasikan tugas-tugas tersebut ke mereka. Kamu tidak akan berkembang ketika fokus pada pekerjaan kecil yang selalu menyibukkanmu.

2. Pilih hal-hal yang akan didelegasikan (pekerjaan level sulit)
Ada juga tugas-tugas yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang tidak terkait dengan ruang kemudi inti tentang apa sebenarnya bisnis yang kamu jalani. Kamu bisa pekerjakan seorang spesialis untuk kamu delegasikan menangani masalah-masalah kompleks, seperti akuntan untuk pembukuan atau pajak atau pakar untuk menangani dokumen hukum.

Baca juga: Survei: Elon Musk, Pemimpin Paling Inspirasional

3. Berikan instruksi yang jelas
Kunci untuk pendelegasian sukses adalah kejelasan tentang apa yang kamu harapkan. Seberapa banyak arahan yang kamu berikan akan tergantung pada tingkat keahlian orang yang melakukan tugas itu. Kamu dapat memutuskan jenis instruksi terperinci apa yang akan diberikan, tetapi dalam semua kasus, kamu harus benar-benar jelas tentang apa harapan dan tujuanmu.

4. Berdayakan karyawan
Mendelegasikan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan mereka sendiri. Dengan mengizinkan karyawan membuat keputusan sendiri, kamu akan memiliki karyawan yang bisa bekerja secara mandiri dan memberikan nilai lebih pada perusahaan kamu.

Baca juga: Begini Kriteria Pemimpin Sejati, Kamu Punya Ciri-cirinya?

5. Belajar melepaskan
Banyak entrepreneur berpikiran “Jika saya ingin sesuatu dilakukan dengan benar, saya harus melakukannya sendiri”. Belajarlah melepaskan mindset tersebut. Kamu harus mulai mendelegasikan tugas. Saat kamu kamu melihat pekerjaan bisa diselesaikan dengan sukses tanpa kamu, maka kamu akan mendapatkan kepercayaan diri dalam mendelegasikan tugas lain.

6. Investasikan waktu untuk kesuksesan jangka panjang
Seni delegasi merupakan investasi jangka panjang. Semakin banyak waktu kamu gunakan untuk belajar mendelegasikan tugas dan memberikan feedback pada karyawan yang kamu beri tugas maka semakin bertambah ketrampilan delegasi kamu.

Delegasi tidak datang secara alami ke banyak pemilik usaha ataupun pada seorang pemimpin. Ketika menginginkan bisnis yang sehat dan berkelanjutan, delegasi merupakan seni yang penting untuk dikuasai.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply