Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Kehidupan Manusia

Dok. The Hindu Business Line

Topcareer.id – Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, sifatnya kompleks. AI menggunakan campuran yang sangat rumit dari ilmu komputer, matematika dan ilmu kompleks lainnya. Pemrograman yang kompleks tersebut membantu mesin-mesin AI mereplikasi kemampuan kognitif manusia.

Dengan perkembangan teknologi dan semakin kencangnya arus pekerjaan, manusia membutuhkan bantuan tambahan dari AI selain dari sesama manusia. Mengutip content.wisestep.com, berikut ini keuntungan dari AI:

Mengurangi kesalahan
AI membantu dalam mengurangi kesalahan dan peluang mencapai akurasi dengan tingkat presisi yang lebih tinggi. Ini diterapkan dalam berbagai penelitian seperti eksplorasi ruang angkasa. AI diberi informasi dan dikirim untuk menjelajahi ruang angkasa. Karena mereka mesin dengan tubuh logam, mereka lebih tahan dan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk bertahan dalam ruang dan atmosfer yang tidak bersahabat.

Baca juga: Yuk, Pahami Efek Inovasi Teknologi pada Dunia Kerja

Membantu eksplorasi yang sulit
AI dan ilmu robotika bisa digunakan dalam penambangan dan proses eksplorasi bahan bakar lainnya. Tidak hanya itu, mesin kompleks ini bisa untuk menjelajahi dasar laut dan mengatasi keterbatasan manusia.

Aplikasi harian
Sebagai aplikasi yang membantu setiap hari. Contohnya Apple memiliki Siri atau Cortana untuk membantu penggunanya. Orang juga mendapat bantuan sehari-hari dari AI seperti bantuan GPS. Smartphone merupakan contoh tepat tentang bagaimana orang menggunakan kecerdasan buatan setiap hari.

Asisten digital
Perusahaan yang sangat maju menggunakan ‘avatar’ yang merupakan replika atau asisten digital yang benar-benar dapat berinteraksi dengan pengguna, sehingga menghemat kebutuhan sumber daya manusia.

Membantu pekerjaan berulang
Repeat job yang sifatnya monoton bisa dilakukan dengan bantuan AI. Mesin berpikir lebih cepat dari manusia dan dapat digunakan untuk multi-tasking. Parameter mereka tidak seperti manusia, mereka dapat disesuaikan. Pabrik minuman atau makanan kemasan banyak menggunakan AI untuk membantu pekerjaan berulang.

Baca juga: Pekerjaan yang Bisa dan Tidak Bisa digantikan Artificial Intelligence

Aplikasi medis
Di bidang medis kita akan menemukan aplikasi AI. Dokter menilai pasien dan risiko kesehatannya dengan bantuan kecerdasan mesin buatan. Ini memberi mereka informasi tentang efek samping dari berbagai obat. Aplikasi populer AI adalah radiosurgery. Radiosurgery digunakan dalam operasi tumor dan ini bisa membantu dalam operasi tanpa merusak jaringan di sekitarnya.

Tak kenal lelah
Mesin tidak seperti manusia, tidak sering membutuhkan istirahat dan minuman. Mereka diprogram selama berjam-jam dan bisa terus mengerjakan tugas tanpa bosan atau terganggu atau bahkan lelah. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply