Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Sederhana Ubah Hobi Jadi Profesi

Sumber foto: Vitality MagazineSumber foto: Vitality Magazine

Topcareer.id – Memiliki hobi yang produktif bisa membuatmu bermimpi untuk memulai sebuah bisnis baru. Namun terkadang akan menakutkan menjauh dari pekerjaan tetap untuk mengikuti impianmu, terutama ketika impian yang ingin kamu kejar kelihatannya tidak akan menghasilkann gaji lebih besar dari pekerjaan saat ini.

Dikutip dari Busywifebusylife.com, berikut ini langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengubah hobi karier barumu.

Tanyakan pada dirimu pertanyaan sulit
Mengejar impian sambil tetap mempertahankan gaji layak berarti memiliki keterampilan yang bisa diuangkan. Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kamu tawarkan di pasar, apakah seseorang bersedia membayar untuk keahlianmu? Bersabarlah, ini bisa sulit untuk ditangani karena beberapa keterampilan tidak semudah yang lain.

Baca juga: Belum Juga Dapat Pekerjaan? Lakukan 5 Hal Ini

Pikirkan masa depanmu dan apa yang ingin kamu bangun untuk menentukan apakah hobi kamu merupakan bisnis yang layak. Jika bakat kamu tidak cukup untuk dipasarkan sendiri, pertimbangkan bermitra dengan orang lain untuk bekerja sama membangun bisnis.

Lakukan riset
Meluangkan waktu untuk melakukan riset merupakan kunci memulai bisnis yang sukses. Kamu perlu mensurvei pasar saat ini dan menentukan apakah keterampilan dari hobi kamu memiliki tempat untuk sukses.

Lihat apakah ada bisnis serupa, dan jika ada, bagaimana kamu bisa membedakan dirimu untuk menambah value? Pastikan harga kamu sesuai dengan permintaan dan pastikan kamu bisa menutupi biaya produksi pada harga itu.

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Lakukan Ini Sebelum Dapat Pekerjaan Full Time

Buat business plan
Rencana bisnis akan menjadi panduan untuk apa yang ingin kamu capai dan bagaimana melakukannya. Tidak harus berupa dokumen sepanjang 20 halaman, tetapi harus memiliki rincian yang jelas dan ringkas tentang visi kamu. Ini bisa membantu menarik calon investor dan bisa disajikan kepada mitra yang mungkin diajak kerjasama.

Harus ada tiga prinsip penting dalam rencana bisnismu yaitu konsep bisnis (gagasan serta elemen apa yang akan membuatnya berkembag), detail marketplace (gambarkan dan analisis pelanggan potensial), dan analisis keuangan (berapa biaya produksi, harga jual, dan biaya awal). Kamu harus memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip ini dan gambaran keuangan yang jelas untuk membangun fondasi yang kuat agar meraih kesuksesan.

Baca juga: 20 Pekerjaan Freelance yang Bakal Laris Manis di Pasaran

Pasarkan keterampilan kamu
Kamu harus menyampaikan berita tentang produk atau layananmu. Memiliki strategi pemasaran yang dipikirkan dengan baik bisa menjadi alat penting untuk meningkatkan visibilitas kamu. Bisnis dari hobi kamu harus memiliki kehadiran online yang menarik dan kohesif.

Media sosial merupakan cara langsung untuk menjangkau audiens yang kamu targetkan seperti melalui Twitter, YouTube, Facebook, dan Instagram.

Bersemangatlah
Langkah ini paling penting untuk mengubah hobi menjadi karier. Tidak peduli seberapa brilian sebuah ide, jika kamu tidak bersemangat, itu hanya akan membuatmu gagal. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply