Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tiga Langkah Menghindari Produk Gagal

Topcareer.id – Produk yang sukses beredar di pasaran itu sudah biasa, lalu bagaimana dengan produk-produk yang tidak berhasil bersaing melawan kompetitornya?

Pernahkah terpikir siapa yang bertanggung jawab di balik sukses atau gagalnya suatu produk yang dilepas di pasaran. Product manager bertanggung jawab terhadap ini semua.

Pekerjaan ini banyak diminati perusahaan saat ini. Jika kamu ingin atau sudah menjadi product manager, kamu harus cerdas dalam mengelola produk.

Baca juga: 6 Keterampilan Wajib Seorang Product Manager

Dilansir dari Webyourblog.com, berikut ini tips untuk menghindari kegagalan produk.

Pikirkan lebih lanjut
Kesalahan terbesar ketika mengembangkan produk adalah tidak memikirkan ide lebih lanjut dan tidak melakukan penelitian apa pun di ceruk pasar yang akan dimasuki. Produk kamu perlu menjawab kebutuhan langsung di pasar, terlepas dari industri apa yang kamu operasikan.

Baca juga: Yakin Kuliah di Kampus Bergengsi Gampang Dapat Pekerjaan?

Ada berbagai cara untuk mencari tahu apa yang dicari orang di bidang bisnis kamu. “Lakukan riset” merupakan kata kunci yang bagus untuk menemukan apa yang paling dicari orang, mendengarkan feedback dan komentar dari pelanggan, atau mencari tahu masalah apa yang berpotensi dimiliki orang, dan kemudian merancang produk untuk menjawab masalah tersebut. Pikirkan tahap ini sebagai investasi awal untuk menemukan ide hebat.

Jadikan produk berkualitas baik
Mendapati produk yang buruk lebih membuat frustrasi daripada mengalami kesulitan untuk membeli sesuatu secara online. Ini akan membuat pelanggan langsung kehilangan kepercayaan terhadap perusahaanmu, brand kamu, dan kemampuan kamu.

Produk kamu merupakan representasi dari apa yang kamu capai sebagai penyedia produk, jadikan itu sesuatu yang bisa kamu banggakan. Ingatlah bahwa kamu menciptakan sesuatu yang perlu membawa nilai nyata dan berkualitas kepada pelanggan, untuk mendorong mereka menggunakan produk kamu dalam waktu yang lama

Baca juga: News Anchor Kompas TV Ini Bagi Tips Pekerjaannya

Pasarkan dengan cerdas
Produk terbaik di dunia tidak akan mencapai banyak hal kecuali pelanggan akan tahu keberadaan produkmu di pasaran, lakukan segala daya upaya nyata dalam mempromosikan, mempublikasikan, dan mendorong produk perusahaan kamu kepada orang-orang.

Gunakan basis data klien kamu, sosial media, blogging, artikel dan cara lain yang bisa kamu pikirkan untuk membuat produkmu dikenal dan diperhatikan. Semakin banyak orang mendengar tentang produkmu, semakin besar kemungkinan kamu untuk melakukan penjualan. Jangan abaikan ketiga langkah penting ini untuk menghindari kegagalan produk. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply