Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pengaruh Lingkungan Kantor pada Produktivitas Karyawan

Ilustrasi. Sumber foto: PixabayIlustrasi. Sumber foto: Pixabay

Topcareer.id – Jika kamu memiliki bisnis sendiri, kamu mungkin selalu mencari cara meningkatkan produktivitas karyawan untuk meningkatkan pendapatan. Pemilik bisnis sering mendapati diri mereka bertanya, “Bagaimana ruang kantor saya memengaruhi produktivitas karyawan, dan apa yang bisa saya lakukan?”

Bukan rahasia bahwa kamu akan kehilangan uang ketika karyawan kamu tidak produktif. Banyak pengusaha percaya bahwa produktivitas karyawan adalah tanggung jawab karyawan itu sendiri. Meskipun ada banyak hal yang bisa dilakukan karyawan meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja, namun kamu juga harus mensuport beberapa hal yang bisa membantu mereka.

Lingkungan kantor yang kamu dirikan memainkan peran penting dalam seberapa produktif karyawan bekerja. Memahami karyawan dan cara mereka bekerja bisa membantu kamu membuat tata letak kantor dan lingkungan yang akan mendorong produktivitas.

Dikutip dari Getwindfall.com, ada banyak faktor berbeda yang mempengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan di tempat kerja. Beberapa faktor tersebut termasuk kacaunya desain ruang kerja, pencahayaan, suhu, dan kebisingan. Perhimpunan Desainer Interior Amerika menemukan bahwa desain tempat kerja mempengaruhi kinerja karyawan. Mereka juga menyampaikan hal berikut ini:

Baca juga: Tiga Cara agar Stres Kantor Tak Terbawa ke Rumah

  • Pencahayaan faktor utama yang mempengaruhi produktivitas karyawan
  • Suhu memiliki pengaruh yang lebih besar pada karyawan wanita daripada karyawan pria
  • Karyawan pria sangat dipengaruhi oleh perlengkapan kantor
  • Cahaya alami dan buatan diperlukan untuk memaksimalkan produktivitas karyawan
  • Penataan ruang kantor penting untuk produktivitas

Berikut ini dijelaskan bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan memperhatikan desain tata letak dan lingkungan kantor.

Studi menunjukkan bahwa kebisingan, cahaya, suhu, dan tata letak furnitur merupakan faktor penting yang memengaruhi produktivitas karyawan. Pencahayaan redup menurunkan produktivitas, dan pencahayaan neon yang terlalu terang telah diketahui menyebabkan sakit kepala.

Cobalah menggabungkan cahaya alami dan buatan. Karyawan menemukan bahwa berada di dekat jendela membantu mereka merasa lebih fokus dan santai.

Baca juga: Alasan Mengapa Cahaya Alami di Kantor Penting untuk Karyawan

Menjaga kantor kamu cerah membantu menciptakan suasana yang lebih ceria dan membantu memfasilitasi produktivitas. Selain itu, jika kantor terlalu panas atau terlalu dingin, karyawan akan merasa terganggu. Tidak ada suhu yang sempurna untuk semua orang, tetapi cobalah untuk menemukan suhu yang nyaman bagi sebagian besar tim kamu.

Kebisingan merupakan salah satu gangguan terbesar di tempat kerja, dan itu juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa karyawan kamu tidak produktif. Jika kamu memiliki tata letak kantor open space, cobalah menciptakan ruang di kantor yang bisa didatangi oleh karyawan ketika mereka membutuhkan tempat yang tenang untuk bekerja.

Pastikan furnitur kantor nyaman, terutama jika memiliki karyawan yang harus bekerja di mejanya untuk waktu yang lama. Coba keluarkan furnitur yang tidak perlu sehingga kantor terlihat rapi. Ini akan membantu membuat karyawan merasa lebih santai sehingga membantu mereka menjadi lebih produktif.

Dengan menciptakan desain kantor yang nyaman tidak hanya membuat karyawan lebih bahagia, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas mereka dan ini akan membantu meningkatkan laba perusahaanmu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply