Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Buat Kamu yang Ingin Belajar Online

Dok. Depositphotos

Topcareer.id – Mengambil kursus online semakin populer akhir-akhir ini. Kursus online memang nyaman bagi banyak orang. Namun belajar online membutuhkan keterampilan manajemen waktu, disiplin diri, kemauan, dan motivasi yang kuat.

Bagaimana cara agar optimal dalam melakukan kursus online? Dikutip dari Elearningindusty.com, berikut tips untuk belajar online agar tetap fokus dan termotivasi.

Pahami praktik dan harapan pembelajaran online
Hal pertama yang perlu disadari adalah kursus online bukan cara mudah untuk belajar, hanya lebih nyaman saja. Kamu perlu mendedikasikan waktu yang signifikan, secara konsisten menghadiri program, konsentrasi saat belajar, dan berkomitmen penuh pada proses pembelajaran.

Baca juga: Cara Ampuh Cepat Belajar dan Menguasai Hal Baru

Pastikan memiliki akses internet yang andal
Pastikan kamu tidak hanya memiliki cadangan materi kursus dan tugas online, tetapi juga telah menyimpan informasi kontak instruktur atau pelatih di ponsel. Akses internet yang andal juga akan memberimu kestabilan dalam mengikuti kursus eLearning dan menangani perubahan jadwal mendadak.

Miliki ruang belajar khusus
Pilih tempat belajar yang tenang, bebas gangguan, dan tersedia untuk digunakan kapan saja. Selain itu mintalah temanmu untuk menghormati “mode belajar” kamu dan matikan telepon serta log off dari semua jaringan sosial saat belajar.

Identifikasi tujuan dan sasaran pembelajaran
Baca dengan cermat persyaratan kursus online, buat catatan yang terkait dengan tujuanmu sehingga kamu tetap fokus pada tujuan belajar. Pertimbangkan untuk mulai dengan tugas yang paling sulit, karena ini akan meningkatkan efektivitas belajar dan kinerjamu.

Baca juga: 5 Tips Membuat Suasana Belajar-Mengajar Menyenangkan

Buat rencana belajar
Kamu harus membuat rencana yang efektif, setting waktu belajar pada waktu terbaik, dan patuhi dengan disiplin rencana belajarmu.

Minta pertolongan instruktur jika membutuhkan
Karena sifat terbuka dari kursus online, kamu bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan pada instruktur dan membantu teman sekelas virtual kamu. Jika kamu tidak meminta bantuan ketika membutuhkannya, instruktur online kamu mungkin tidak pernah tahu bahwa ada sesuatu yang salah.

Tinjau dan revisi
Revisi reguler dari hal-hal yang telah kamu pelajari untuk membantumu meninjau ulang pelajaran lebih memahami apa yang sudah dipelajari.

Beristirahat cukup
Performa kamu akan berkurang jika kamu merasa lelah atau frustrasi saat belajar. Istirahatlah dan pastikan kamu menjauh dari ruang belajar. Aktivitas fisik ringan, seperti berjalan-jalan di sekitar rumah akan membantu memperbarui energi dan bisa kembali belajar dengan pikiran jernih.

Berpartisipasi dalam diskusi online
Pembelajaran online tidak harus berarti belajar secara terpisah. Terhubung dengan teman sekelas virtual kamu di media sosial atau forum kursus daring akan sangat meningkatkan pengalaman e-learning kamu.

Tetaplah termotivasi
Ingatlah tujuan utama kamu mengapa mengambil kursus online, dengan mengingatnya akan membantumu dalam meningkatkan motivasi diri untuk lebih giat belajar. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply