Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Menciptakan Tempat Kerja yang Menyenangkan

Dok. Awareness Day

Topcareer.id – Karyawan yang bahagia lebih kreatif, inovatif, dan berdedikasi. Mereka pun lebih cenderung loyal pada perusahaan. Banyak penelitian dan laporan menunjukkan tempat kerja yang bahagia memiliki korelasi langsung dengan perkembangan bisnis perusahaan.

Sebagai pimpinan dari suatu tim kerja di kantor, kamu berkewajiban untuk bisa membuat tempat kerja menjadi lebih menyenangkan. Lalu bagaimana cara menciptakan tempat kerja yang membahagiakan sehingga kamu dan seluruh tim bisa berkembang?

Mengutip Snacknation.com, berikut ini cara menjadikan tempat kerja memiliki getaran yang positif dan menyenangkan.

Baca juga: Tidak Dapat Promosi, Begini Menyikapinya

1.Selalu beri sambutan ramah
Sambutan itu bisa berarti sebagai rasa hormat yang menyatakan bahwa kamu senang dengan keberadaan meraka dan kamu ingin mereka mencintai pekerjaannya. Tanyakan tim kamu bagaimana hari mereka, dan periksa apakah ada yang membutuhkan bantuan dengan proyek yang sedang berlangsung. Jika budaya ini kamu biasakan, seluruh anggota tim akan menirunya, maka tempat kerjamu akan penuh dengan orang yang saling perhatian dan menghargai.

2. Beri pujian dan pengakuan
Apakah kamu sadar bahwa perasaan kurang dihargai di tempat kerja merupakan alasan dengan peringkat teratas yang menyebabkan orang meninggalkan pekerjaan mereka? Ini mengalahkan persoalan gaji rendah, hari libur terbatas dan pekerjaan yang tidak cukup fleksibel. Dengan memberikan penghargaan dan pengakuan yang konsisten, tim kamu akan bersemangat untuk berkontribusi pada perusahaan.

3. Terbuka dalam hal pekerjaan
Agar anggota tim merasa senang dengan pekerjaan yang mereka hasilkan, mereka perlu memahami misi dan tujuan perusahaan. Berikan ikhtisar tentang apa yang harus dilakukan masing-masing departemen dan mengapa mereka melakukannya. Ketika karyawan bekerja sambil mengetahui beragam perspektif kerja, mereka jadi merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan mereka akan lebih berkomitmen untuk menjadikannya sukses.

Baca juga: Kenapa Orang Baik di Kantor Banyak Dibenci?

4. Jadikan keseimbangan kerja dan kehidupan sebagai prioritas
Konsep keseimbangan kerja dan kehidupan telah menjadi prioritas bagi banyak tempat kerja. Anggota tim perlu memiliki pemahaman yang jelas bahwa kamu menghargai mereka sebagai karyawan yang loyal dan sebagai orang yang memiliki kehidupan di luar pekerjaan yang sama pentingnya.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply