Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Alasan Kamu Perlu Membuat Rencana Karier

Ilustrasi. Sumber foto: PixabayIlustrasi. Sumber foto: Pixabay

Topcareer.id – Hampir setiap orang memiliki tujuan atau cita-cita yang mereka harap untuk tercapai di masa depan. Seperti rencana karier jangka panjang atau pekerjaan impian yang ingin diperoleh.

Apa yang menjadi cita-cita itu mungkin tampak sulit atau tidak mungkin untuk dicapai bila tak direncanakan. Maka paling baik membuat rencana karier. Dengan rencana karier yang solid kamu akan memiliki peta untuk memandu ke mana pun kamu ingin pergi.

Dikutip dari Workitdaily.com, berikut alasan mengapa kamu harus memiliki rencana karier.

Baca juga: 6 Tanda Kamu Salah Pilih Jalan Karier

Perencanaan karier membantumu berkembang
Memiliki rencana karier yang realistis sering merupakan bagian penting dari pertumbuhan karier serta perkembangan pribadi. Dengan merencanakan masa depan dan menetapkan batas waktu tertentu untuk mencapai hal-hal yang ingin kamu capai, kamu akan menemukan bahwa rencana karier adalah cara yang efektif untuk memastikan diri tidak pernah kehilangan motivasi di sepanjang perjalana. Rencana kariermu merupakan peluang untuk memaksimalkan potensi sejati yang ada pada dirimu.

Membantu mendapat pekerjaan impian
Jika salah satu tujuan penting di masa depanmu adalah pekerjaan atau posisi yang sangat diinginkan, rencana karier benar-benar merupakan peta jalan untuk membantumu mencapainya. Butuh bertahun-tahun untuk merencanakan pertumbuhan kariermu, kerja keras, dan bahkan sedikit keberuntungan untuk mengembangkan situasimu saat ini menjadi karier impianmu.

Dengan rencana karier kamu bisa mengisolasi tujuan apa yang harus kamu capai untuk menjadi kandidat pada pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan. Memenuhi tugas-tugas yang dibutuhkan akan meningkatkan peluang keberhasilanmu lebih tinggi.

Baca juga: Benci dengan Kariermu Sekarang? Pertimbangkan 3 Langkah Ini

Rencana karier sangat penting untuk merencanakan pensiun
Memiliki rencana karier yang realistis di tempat bukan hanya tentang pekerjaan. Rencana karier yang hebat harus memiliki pandangan yang jauh ke depan, ini bisa juga digunakan untuk menentukan langkah-langkah yang diperlukan dalam memasuki masa pensiun dengan lancar.

Memasukkan pengetahuan dasar perencanaan keuangan ke dalam rencana kariermu bisa menyiapkan dirimu untuk pensiun dengan tabungan yang tepat.

Perencanaan karier bisa mengintimidasi beberapa orang yang tidak yakin tentang arah yang ingin mereka tempuh selama puluhan tahun. Hal ini harus kamu pandang sebagai cara untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Seringkali keinginan dan kebutuhan akan berubah.

Memiliki rencana karier bisa membantumu merancang masa depan seperti yang kamu inginkan, tetapi juga bisa cukup fleksibel untuk berubah ketika ambisi dan tujuan pribadimu tercapai. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply