Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, March 28, 2020
redaksi@topcareer.id
KomunitasSkills.id

Kerajinan Tangan Ini Hasil Karya Penyandang Disabilitas

https://www.instagram.com/waroengcraft/

Skills.id – Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Kelebihan bisa menjadi hal yang membanggakan, tapi bagaimana dengan sebaliknya? Kekuranganmu. Apakah kamu bisa berbangga diri dengan apa yang menjadi kekuranganmu?

Bagi sebagian orang mempunyai kekurangan adalah hal yang paling ditakuti, karena itu akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang lemah dan lebih rendah dari pada orang lain.

Tapi ternyata, hal itu tidak berlaku bagi Syamsi Dhuha dan istrinya, pasangan penyandang disabilitas yang telah berhasil merangkul teman-teman disabilitas lainnya yang memiliki keterampilan dalam membuat produk seni kerajinan dari seluruh Indonesia.

Ikuti juga: Pop Up Card Workshop

Ia mengatakan, “saya ingin menunjukkan bahwa penyandang disabilitas juga mampu membuat suatu produk dan mempunyai peluang yang sama seperti orang lainnya dalam berbisnis.”

Sumber foto: @waroengcraft

Syamsi Dhuha adalah seorang pengusaha kerajinan tangan dan pemberdaya kerja para penyandang disabilitas. Ia menekuni seni kerajinan saat ia masih tinggal di Yayasan Wisma Chesire, Jakarta Selatan.

Setelah Syamsi memutuskan untuk menikah, ia menjalani hidup mandiri bersama istrinya dan mulai menjalankan bisnis kerajinan tangan dengan membuat rumah-rumahan barbie. Pekerjaan itu dipilihnya, karena saat berada di yayasan ia pernah belajar dalam bidang perkayuan.

Ikuti juga: Basic Bunga Perca

Sumber foto: @waroengcraft

Akan tetapi, bisnis pertama yang ia jalankan dengan istrinya tersebut mengalami kegagalan, karena produk yang dijual sepi peminat dan juga membutuhkan tenaga lebih dari satu orang. Namun, tidak menyerah sampai di situ, Syamsi dan istri kemudian mencoba membuat produk-produk lain seperti aneka permainan anak, kartu ucapan 3D, tempat buah dari koran bekas, tas belanja dari plastik bekas, dan sebagainya.

Dan dari usahanya inilah, seni kerajinan yang dibuatnya serta teman-teman penyandang disabilitas lainnya mulai membuahkan hasil. Bahkan Syamsi pun mendapat banyak tawaran untuk mengikuti bazar, seperti event Art & Craft Expo 2019 di Food Centrum, ICE BSD City, Kota Kasablanka, Ecovention Ancol, dan berbagai tempat lainnya.

Ikuti juga: Teknik Decoupage Underglass Workshop

How To Make 3D Embroidery Flowers On Hoop

Decoupage Technique on Pandanus Bag Workshop

Leave a Reply