Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Skills.id

Sabun Natural yang Memiliki Banyak Manfaat

Skills.id – Sabun menjadi suatu barang yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari, terlebih jika kamu memiliki banyak aktivitas di luar rumah. Dimanapun tempatnya kamu pasti akan bersentuhan langsung dengan berbagai macam bakteri.

Selain kamu bisa mendapatkan sabun di pasaran dan supermarket. Kini, kamu juga bisa membuat sabun itu sendiri di rumah dengan berbagai bentuk dan wewangian, seperti halnya salah satu pengajar (educator) Skills.ID yaitu Natasha Yuga yang sudah memproduksi sabunnya sendiri sejak tahun 2012.

Baca juga: Menyulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci

Foto kiri (peserta), foto kanan (Natasha Yuga)

Berawal dari alergi kulit yang dialaminya sendiri dan juga anaknya ketika memakai sabun-sabun yang dijual di pasaran.

Natasha akhirnya mencoba untuk membuat sabun sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang natural (alami), seperti minyak kelapa, soda, serta beragam buah-buahan yang memiliki khasiat untuk kesehatan kulit.

Buah yang digunakan Natasha pun adalah buah sungguhan bukan buah yang sudah diekstrak secara kimiawi dan hasil dari pemakaian sabun natural itu pun ternyata aman untuk kulit anaknya dan dirinya.

Ikuti juga: Membuat Sabun dari Bahan Minyak Jelantah

Dari alergi kulit yang akhirnya bisa memproduksi sabun sendiri, Natasha yang tahun 2012 lalu sedang melanjutkan studinya di Singapura.

Dimana ketika itu ia sedang berkunjung ke Sogo dan tanpa sengaja ia bertemu dengan orang Jepang yang sedang memberikan workshop tentang pembuatan sabun natural, dan dari sanalah ia mulai tertarik untuk mempelajarinya.

Sabun Natural by Natasha Yuga

Sejak saat itu, Natasha terus mengembangkan keahliannya dan ia pun juga bergabung dengan banyak komunitas pembuat sabun natural, salah satunya komunitas Australia yang berada di Bali.

Menurut Natasha, sabun natural yang dibuatnya memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan kerutan di wajah, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, dan sebagainya.

Dan karena sabun ini memiliki bentuk yang unik, sabun ini pun juga bisa kamu hadiahkan untuk orang terdekatmu.

Ikuti juga: Basic Natural Soap Making & Workshop

Intermediate Natural Soap Making & Workshop

Advance Natural Soap Making & Workshop

Leave a Reply