Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Terkena Back To Work Blues usai Liburan? Coba Lakukan Ini

Ilustrasi. Sumber foto: gazeta-shqip.comIlustrasi. Sumber foto: gazeta-shqip.com

Topcareer.id – Kembali bekerja setelah libur panjang adalah tantangan tersendiri. Banyak orang yang terkena back to work blues saat menghadapi situasi ini.

Jika kamu juga mengalaminya, kamu perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya, jangan sampai mengganggu kinerja dan produktivitasmu setelah berlibur.

Mengutip blog.rescuetime.com, Senin (06/01/2020), berikut saran untuk tetap termotivasi bekerja setelah berlibur.

Mulai dengan tugas kecil
Beri otak kamu kesempatan untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan banyak tugas berat. Pecah pekerjaan menjadi beberapa tugas kecil, selesaikan satu demi satu dan jangan menunda-nunda. Setiap satu tugas yang kamu selesaikan akan menambah motivasi kamu.

Baca juga: Kehilangan Motivasi Kerja usai Liburan? Pulihkan lewat Cara Ini

Blok gangguan jam pertama saat kembali kerja
Akan ada banyak hal tak terhindarkan. Salah satu teknik yang bisa kamu coba adalah memakai jam pertama untuk membuat rencana, dan menilai kembali prioritasmu.

Idealnya, coba jaga agar hari pertama bebas dari meeting. Ini penting agar kamu bisa memiliki waktu untuk fokus mengejar ketertinggalan.

Bangun momentum dengan memprioritaskan tugas
Kamu pasti memiliki banyak hal untuk dikejar. Namun sebagian besar pakar produktivitas menyarankan mengambil waktu sejenak untuk melakukan triase dan memprioritaskan daftar tugas terlebih dahulu.

Atasi gangguan saat bertemu kembali dengan rekan kerja
Pertanyaan dan ajakan ngobrol dari rekan kerja bisa menggagalkan produktivitas. Jadwalkan waktu untuk tatap muka dengan sesama anggota tim ketika baru kembali masuk kerja. Gunakan kesempatan ini untuk bertanya apa yang paling penting bagi mereka saat ini, dan bagaimana kamu bisa membantu mereka.

Baca juga: Tips Liburan Tenang Tanpa Terganggu Urusan Kantor

Manfaatkan waktu istirahat sebelum kembali kerja
Salah satu manfaat paling berharga dari mengambil cuti adalah refreshing. Gunakan saat terakhir libur panjang untuk benar-benar beristirahat. Ini bisa menghindarkan kamu dari kelelahan dan menyegarkan tubuh serta pikiranmu setelah pergi berlibur.

Beri waktu dirimu untuk break time teratur
Menjadi produktif di tempat kerja adalah maraton, bukan lari cepat. Awalan yang lambat lebih baik daripada langsung tancap gas.

Saat kembali bekerja, mulailah dengan rileks, dan beri dirimu break time teratur 5-10 menit setiap satu atau dua jam dengan berjalan-jalan di kantor. Hal ini bisa meningkatkan motivasi dan memacu ide-ide baru.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply