Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tak Hanya Sehat, Jogging Ekstra 15 Menit Bisa Tingkatkan Ekonomi Dunia

Ilustrasi (Dok. iStock)

Topcareer.id – Kita sama-sama tahu bahwa pergerakan fisik seperti olahraga ada kaitannya dengan produktivitas kerja.

Penelitian baru menyebut bahwa manfaat kebugaran lebih dari sekadar kesehatan individu saja, bahkan memiliki potensi meningkatkan ekonomi dunia.

Temuan-temuan dari kelompok asuransi kesehatan Vitality dan RAND Europe menunjukkan bahwa dengan olahraga jogging atau berjalan kaki setiap hari dengan ekstra tambahan 15 menit dapat memperpanjang usia harapan hidup, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Tak Cuma Sehat, Olahraga Juga Bikin Panjang Umur

Kok bisa? Ya, peningkatan ekonomi itu hasil dari tingkat kematian yang lebih rendah lantaran olahraga, yang memungkinkan orang bekerja dalam rentang usia lebih lama.

“Jika setiap orang dewasa antara usia 18 dan 64 berjalan 15 menit ekstra sehari, produksi ekonomi dunia akan melihat peningkatan sekitar USD 100 miliar setiap tahun,” menurut penelitian tersebut dalam laman The Ladders.

Penelitian ini juga menjadi pertanda baik bagi orang berusia di atas 40 yang belum sadar akan pentingnya olahraga. Memperkenalkan 20 menit jogging setiap hari dapat memberi mereka 3,2 tahun ekstra kehidupan.

Baca juga: Terlalu Lama Duduk dan Kurang Olahraga Undang Depresi

Studi ini mengumpulkan data dari hampir 120.000 orang di tujuh negara. Studi terbaru lain menemukan bahwa berapa pun jumlah waktu yang dihabiskan untuk olahraga lari, dapat mengurangi risiko kematian dini.

World Health Organization (WHO) menyarankan bahwa semua orang dewasa harus melakukan olahraga umum ini setidaknya 50 menit seminggu.

Untungnya, ada banyak cara untuk mendapatkan menit-menit aktivitas kardio, termasuk olahraga berdampak rendah seperti berenang, seperti yang disarankan oleh para peneliti Harvard.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply