Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Etika Menggunakan Smartwatch di Kantor

Ilustrasi. (dok. the Verge)

Topcareer.id – Teknologi seperti jam tangan pintar atau smartwatch dan ponsel kian jamak digunakan orang. Makanya perlu tetap ada etiket dalam menggunakan smartwatch di kantor.

Menggabungkan penggunaan perangkat ini secara mulus ke hari-hari kerja dapat meningkatkan produktivitas. Karena hal itu memungkinkan orang untuk tetap terhubung dengan kehidupan pribadi mereka dan secara bersamaan mempertahankan kinerja optimal.

Untuk mencapai hal ini, baik karyawan dan perusahaan harus terlibat dalam sejumlah etiket smartwatch.

Dalam laman The Ladders, penulis Ashley Jones menyebut kelebihan memakai smartwatch untuk bekerja sangat banyak. Smartwatches dapat menyampaikan informasi kesehatan penting, memberi tahu tentang peringatan darurat, dan tentu saja, menjaga waktu.

Baca juga: Awas! Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bikin Gemuk!

“Aspek konektivitas memakai jam tangan pintar di tempat kerja tidak tertandingi, bahkan memungkinkan para profesional di tempat kerja atau bosmu untuk memutar jam tangan saat mereka perlu menghubungimu,” tulis Ashley.

Terlepas dari manfaatnya, beberapa pengusaha ragu untuk sepenuhnya menggunakan smartwatch di tempat kerja. Ashley mengatakan mantan bosnya menjadikan gangguan sebagai alasan mereka melarang smartwatch, dan karyawan Major League Baseball juga dianggap melanggar aturan bila menggunakan smartwatch di ruang istirahat.

Kiat etika smartwatch umum di berbagai industri

Setiap tempat kerja adalah unik dan peraturan jam tangan pintar yang ditetapkan oleh pengusaha dan kepatuhan karyawan terhadap peraturan tersebut harus mencerminkan hal itu. Secara umum, semua pengguna harus mengikuti beberapa pedoman dasar, seperti:

– Notifikasi dengan mode senyap

– Jangan gunakan jam tangan pintar di depan klien atau pasien

– Gunakan fitur bicara untuk hal-hal yang beralasan

– Jangan merekam informasi pribadi yang rentan

Baca juga: Smartphone Mengurangi Kebahagiaanmu, Ini Sebabnya

Jika kamu tidak akan mengeluarkan ponsel dan mulai menggulirkan Instagram di kantor, jangan setel smartwatch kamu untuk menerima notifikasi media sosial.

Bunyi arlojimu yang memberi tahu bahwa sistem keamanan rumah telah diaktifkan adalah hal wajar. Namun jangan sampai notifikasi berbunyi hanya karena ingin memberi tahu kamu bahwa selebriti favorit baru saja memposting tentang makan siang mereka. Hadeeeeh… *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply