Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Patut Ditiru, 5 Kebiasaan Orang Sukses Jelang Pulang Kerja

Dok. Parade

Topcareer.id – Sudah lewat jam 3 sore, tapi belum waktunya untuk pulang. Pada waktu-waktu ini, pekerja mulai melihat jam setiap saat atau gatal merapikan meja. Tapi, coba mengakhiri hari kerja dengan sesuatu yang lebih bertujuan bisa meningkatkan kesuksesan, baik di kantor maupun luar kantor.

“Seberapa positif kamu mengakhiri hari profesionalmu memengaruhi kemampuan untuk menyelesaikan berbagai hal secara efektif dan efisien pada hari kerja berikutnya. Juga berdampak pada kualitas kehidupan pribadimu,” kata Randi Levin, ahli strategi kehidupan transisi.

Coba sekarang pelajari bagaimana orang-orang sukses mengakhiri hari kerja mereka dengan keras, seperti dalam laman Reader’s Digest.

Baca juga: Bosan Menunggu Jam Pulang Padahal Pekerjaan Sudah Selesai? Coba Lakukan ini

1. Membuat kotak masuk menjadi nol

Percaya atau tidak, rata-rata orang menghabiskan lebih dari tiga jam sehari untuk memeriksa email terkait pekerjaan mereka, menurut survei online 2015. Dan jika kamu meninggalkan email yang belum dibuka untuk hari berikutnya, kamu mungkin menghabiskan pagi harimu untuk membalas pesan.

Jam terakhir di hari kerja merupakan waktu yang tepat untuk mendeklarasikan inbox dengan berhenti berlangganan buletin dan mengatur email lama ke dalam folder terpisah.

2. Merefleksikan pencapaian mereka

Sementara banyak dari kita menghabiskan jam kerja terakhir dengan membuat daftar tugas untuk besok, orang-orang sukses meninjau hari yang baru saja mereka lalui. “Jam terakhir dalam sehari harus digunakan untuk refleksi, kegagalan dan keberhasilan, besar ataupun kecil,” kata Grant Schreiber, editor pendiri Real Leaders, sebuah majalah bisnis dan kepemimpinan.

Dia biasanya memilih satu hal positif yang terjadi dan mempertimbangkan apa yang menyebabkan kesuksesan itu. Demikian pula, Levin merekomendasikan untuk menuliskan kemenangan hari itu daripada kegagalan.

Baca juga: Stop Lembur! Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pulang Tepat Waktu

3. Mereka menjadwalkan meeting harian dengan diri mereka sendiri

Seperti lapor-masuk rutin dengan bos atau rekan satu tim, menjadwalkan rapat harian dengan diri sendiri adalah kesempatan sempurna untuk mengetahui posisimu secara profesional. Jika harimu sering berakhir pada pukul empat atau lima, Levin merekomendasikan untuk memanfaatkan waktu tenang dengan memeriksa diri sendiri.

Pertemuan pribadi ini mungkin terlihat berbeda setiap hari, tetapi dapat mencakup perencanaan dan memprioritaskan tugas berikutnya, mempercepat konten terbaru di bidangmu, atau membuat jadwal untuk proyek yang akan datang.

4. Lakukan hal sederhana

Untuk memastikan jam kerja terakhir masih efektif (dan efisien), Levin menyarankan untuk melakukan proyek-proyek kecil dan mudah seperti menjawab email atau merapikan meja. Tugas-tugas ini tidak membutuhkan banyak tenaga atau usaha, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membuat perbedaan besar bagi produktivitas secara keseluruhan.

Baca juga: Ingin Pulang Tepat Waktu dari Kantor? Lakukan Hal Ini

5. Mereka bercengkerama dengan kolega

Produktivitas manusia tidak sebanding dengan komputer modern dan kecerdasan buatan, menurut Schreiber. “Tinggalkan mesin untuk melakukan yang terbaik bagi mereka, dan simpan jam terakhir untuk fokus pada orang-orang, termasuk diri sendiri,” katanya.

Ketika jam menunjukkan pukul lima atau enam, bangun dari meja untuk melihat rekan kerja dan mengucapkan selamat tinggal sebelum kamu pergi. Melakukan hal itu tidak hanya membangun hubungan dengan tim, tetapi penelitian menunjukkan itu adalah salah satu cara untuk membuat rekan kerja lebih mempercayaimu. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan