- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Punya Teman yang Mengganggu di Tempat Kerja? Begini Cara Atasinya

Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Di kantor kamu pasti punya teman yang beragam kelakuannya. Mulai dari yang pendiam, banyak bicara, suka membantu, temperamen, hingga yang paling mengganggu.

Agak sulit mengatasinya jika kamu berada terlalu dekat dengan teman yang suka sekali mengganggu. Akan ada saja hal yang akan dilakukannya yang bisa membuatmu merasa terganggu.

Bagaimana mengatasinya? Seperti dikutip dari Glassdoor.com, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi teman yang mengganggu.

Baca juga: 10 Aturan Wajib untuk Karier yang Sukses

Pertahankan sikap positif
Hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam situasi ini adalah membiarkan mereka dan jangan menanggapinya. Alihkan saja pikiran ke arah yang positif agar tetap produktif di tempat kerja. Tetaplah fokus pada apa yang perlu kamu capai dan memiliki sikap positif di tempat kerja.

Temukan minat bersama
Kadang jika kamu memiliki rekan kerja yang terus-menerus menemuimu, mungkin kamu bisa mencoba menemukan kesamaan dengan mereka. Cobalah untuk menemukan setidaknya satu kesamaan. Secara psikologis ini akan membantumu merasa lebih toleran kepadanya.

Baca juga: Apakah Kariermu Ada di Jalur yang Benar? Cek Lewat 5 Pertanyaan Ini

Coba untuk mengabaikan kekurangan mereka
Jika rekan kerjamu yang suka mengganggu itu pemalas atau super arogan, abaikan saja. Jangan memberi feedback untuk kekurangan mereka. Ini hanya akan menyebabkanmu menjadi lebih jengkel dan frustrasi dengan situasi tersebut.

Kalahkan mereka dengan kebaikan
Jika kamu berurusan dengan orang pengganggu yang suka mengintimidasi di tempat kerja, penting bagi kamu untuk tetap tenang dan terus bersikap baik terhadap mereka. Bahkan jika mereka berusaha untuk menjatuhkanmu. Jauhi argumen atau debat yang akan menimbulkan dampak negatif. Tetaplah tersenyum dan lakukan pekerjaanmu seperti biasa.

Baca juga: Ini 5 Strategi Agar Resolusi Kariermu Terwujud Tahun Ini

Tolak perhatian mereka dengan sopan
Apakah ada rekan kerjamu yang kerap mengganggu dengan memaksa untuk keluar bersama mereka? Tolaklah undangan mereka dengan sopan. Setiap kali rekan kerja yang mengganggu mulai mengalihkan perhatianmu, katakan dengan sopan kepada mereka untuk menghargai waktu kerjamu dan hanya berbicara denganmu jika ada pertanyaan terkait pekerjaan.

Bersikap asertif
Jika masalah terus berlanjut, kamu harus membela diri. Beri tahu rekan kerja bahwa ia sudah menjadi pengalih perhatian konsentrasimu dan mereka telah berdampak negatif terhadap produktivitasmu. Lakukan dengan asertif agar kamu dan rekan kerjamu bisa sama-sama mencapai pemahaman yang baik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply