Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Fakta Unik Hari Valentine di Dunia yang Kamu Mungkin Belum Tahu

Makan malam romantis. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Valentine day atau hari Valentine memiliki sejarah yang unik. Selain itu Valentine juga memiliki fakta menarik lain yang mungkin kamu belum pernah tahu.

Perayaan valentine’s day dirayakan hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Amerika sendiri 14 Februari benar-benar menjadi hari spesial kasih sayang dan semua orang di sana merayakannya.

Mengutip Goodhousekeeping.com, Jumat (14/02/2020), berikut ini beberapa fakta menarik tentang valentine’s day.

Memiliki sejarah yang cukup gelap
Sejarawan percaya bahwa hari Valentine sebenarnya dimulai di Romawi Kuno sebagai festival penyembah berhala yang disebut Lupercalia. Hari itu dirayakan dengan kegiatan seperti mengorbankan hewan dan mencambuk perempuan dengan kulit binatang sampai berdarah untuk menandakan kesuburan mereka.

Baca juga: Bagaimana Hari Valentine Jadi Populer dan Dirayakan di Mana-mana?

Sejarah Saint Valentine
Pendiri hari Valentine adalah Santo Valentine yang menentang Kaisar Claudius II. Saat itu Claudius melarang pernikahan karena dia pikir itu mengganggu fokus prajurit muda. Valentine berbeda, dia menikahi pasangan secara ilegal sampai akhirnya tertangkap. Setelah dijatuhi hukuman mati, banyak pasangan muda mengunjungi selnya dan memberinya bunga serta kartu ucapan. Dan diduga pada 14 Februari dia meninggal.

Ucapan Valentine pertama dikirim pada abad ke-15
Catatan tertua tentang valentine yang dikirim adalah sebuah puisi yang ditulis oleh adipati abad pertengahan Prancis bernama Charles kepada istrinya pada tahun 1415.

Tahun 1840-an kartu valentine diproduksi secara massal pertama kali
Orang-orang mulai bertukar kartu dan surat tulisan tangan dengan kekasih dan teman selama abad ke-17, tetapi pada tahun 1840-an kartu Hari Valentine pertama diproduksi secara massal di AS, dijual oleh Esther A. Howland.

Baca juga: Perayaan Valentine Tidak Hanya untuk Pasangan

Sekarang perayaan valentine menjadi bisnis besar
Amerika merayakan hari Valentine dan menghabiskan sekitar USD 19,6 miliar setahun, termasuk lebih dari USD 1,8 miliar untuk permen saja.

Orang Amerika mengirim 145 juta kartu hari Valentine setiap tahun
Ini menjadikannya perayaan terbesar kedua untuk bertukar kartu ucapan, setelah Natal di Amerika. Guru menerima kartu Valentine terbanyak setiap tahun, diikuti oleh anak-anak, ibu, dan istri.

Baca juga: Bingung Hari Valentine Mau Ngapain? Ini 8 Ide Merayakannya

Amerika menghabiskan hampir USD 650 juta untuk hadiah bagi hewan peliharaan
Faktanya, lebih dari 5 juta rumah tangga Amerika memberikan hadiah hari Valentine kepada anjing peliharaan mereka, dan lebih dari 2 juta rumah tangga memberi hadiah untuk kucing mereka.

Kotak cokelat berbentuk hati pertama kali diperkenalkan tahun 1861
Dibuat oleh Richard Cadbury, putra pendiri perusahaan cokelat Cadbury, John Cadbury, yang mulai mengemas cokelat dalam kotak mewah untuk meningkatkan penjualan.

Hampir 6 juta pasangan bertunangan di Hari Valentine
Valentine adalah salah satu hari populer untuk mengajukan lamaran, dengan sekitar 6 juta pasangan bertunangan pada 14 Februari di Amerika. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply