- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Korona, Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Beragam cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang. Bahkan Pemerintah Singapura mengeluarkan imbauan untuk secara teratur membersihkan ponsel dan mencuci tangan.

Kementerian Kesehatan Singapura percaya bahwa kedua cara itu lebih ampuh mencegah virus korona daripada mengenakan masker. Sebelumnya empat dokter lokal mendesak penduduk setempat untuk mengenakan masker meski depan umum.

Anjuran tertanggal 10 Februari itu ditandatangani dokter Colleen Thomas, Judy Chen, Tham Hoe Meng dan Lim Pin Pin, menyerukan agar warga Singapura selalu mengenakan masker saat meninggalkan rumah dan menghindari bergaul di depan umum. Hal itu diklaim dapat menghentikan penyebaran virus dalam waktu 2 minggu.

Baca juga: Virus Korona Juga Bikin Pasar Smartphone Lesu

Namun, direktur pelayanan medis Kementerian Kesehatan, Kenneth Mak, mengatakan pada konferensi pers pada Rabu, meskipun banyak saran yang bermaksud baik dari berbagai tempat, termasuk dokter, tidak ada bukti bahwa virus tersebut melayang di udara, jadi masker menjadi metode perlindungan yang tidak efektif.

Dia menambahkan bahwa tugas yang lebih penting adalah orang-orang membersihkan ponsel mereka. “Waspadai hal-hal yang biasa kamu sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponselmu, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” seperti dikutip The Straits Times.

Baca juga: Awas! Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bikin Gemuk!

Cara yang benar membersihkan ponsel

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa smartphone mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet – yang berarti cara cepat dan langsung untuk membatasi kontaminasi adalah dengan menghindari membawa ponsel ke toilet.

Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman.

Penelitian itu juga menyebutkan menggunakan larutan alkohol pun efektif, terutama bersihkan celah antara ponsel dan kasing ponsel yang mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

Baca juga: Benarkah Mengetik di Smartphone Rawan Typo?

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan kepada Health bahwa larutan alkohol ini dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol gosok (40 persen), lalu menyeka telepon dengan kain mikrofiber, atau kapas yang sedikit dibasahi dengan campuran.

Baik Gerba dan CNet mengatakan, hindari penyemprotan larutan alkohol pada telepon secara langsung atau menggunakan tisu antibakteri pada layar, karena ini dapat menghilangkan air dan lapisan tahan minyak. Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan kasing telepon.

Menurut CNet, barang-barang lain yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan telepon meliputi: pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply