Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kebiasaan Lima Menit yang Bisa Bikin Lebih Pintar

Dok. Reader's Digest

Topcareer.id – Menjadi pintar bermula dari kebiasaan kecil karena sering belajar. Untuk menjadi pintar, kamu mungkin perlu menyelipkan beberapa kebiasaan baik ke dalam jadwal kegiatanmu yang begitu padat.

Jika kamu ingin menjadi lebih pintar tanpa mengambil kursus atau membaca lusinan buku, coba ikuti enam kebiasaan harian ini yang hanya habiskan waktu lima menit.

Beberapa kebiasaan ini, membantu meningkatkan fokus, mempercepat pembelajaran dan meningkatkan kekuatan otak.

Baca juga: Enam Bahasa Terlaris Bagi Pekerja Interpreter

1. Pemetaan pikiran

Meluangkan beberapa menit untuk mengilustrasikan pikiranmu secara visual di selembar kertas atau papan tulis akan melenturkan kecerdasan dan membuatmu lebih baik dalam mengambil konsep-konsep rumit dan pengetahuan baru.

“Pemetaan pikiran adalah cara ampuh yang membantu menyederhanakan masalah rumit untuk memudahkan pemahaman, meningkatkan retensi, menyalakan kreativitas, dan memungkinkan pembelajaran yang bermakna,” kata Adrian Shepherd, penulis buku terlaris dan pakar produktivitas, serta konsultan dalam laman The Ladders.

Baca juga: Ingin Jago Bahasa Asing? Coba 8 Platform Gratis Ini

2. Meditasi

Ya, ini aktivitas ini bisa menyehatkan badan. Tapi tahukah kamu kalau itu juga bisa membuat otakmu lebih tajam? “Meditasi membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus dan daya ingat, memperpanjang rentang perhatian dan menempatkan kita dalam kerangka berpikir yang benar untuk berhasil,” katanya.

3. Latihan berat badan

Membuat darah mengalir di pagi hari dengan latihan berat badan seperti push-up, plank atau burpee memiliki manfaat kognitif. “Tidak hanya (latihan-latihan ini) efektif untuk membangun otot, tetapi mereka juga melepaskan endorfin ke dalam aliran darah, yang membantu otak kita beroperasi pada tingkat optimal,” ucap Shepherd.

Baca juga: Pintar vs Rajin: Siapa yang Lebih Unggul?

4. Biasakan pakai catatan

Shepherd mengatakan ada keajaiban dalam tulisan. “Setiap orang sukses yang saya kenal suka bekerja di atas kertas. Kemudian, ide-ide itu harus ditransfer secara digital untuk memungkinkan kemudahan distribusi, cadangan, dan perubahan.”

Bawalah buku catatan untuk menuliskan ide-ide saat ide itu muncul dan kamu akan merasa lebih terinspirasi dan kreatif dari waktu ke waktu.

5. Meringkas buku

“Ada buku yang penuh dengan ide-ide yang kuat. Namun, beberapa berisi beberapa kebijaksanaan. Itu sebabnya saya telah melakukan kegiatab meringkas buku,” kata Shepherd.

Kamu juga dapat menggunakan ringkasan buku itu untuk menginformasikan daftar bacaanmu yang semakin berkembang dan memilih bacaan mana yang pantas untuk waktu dan perhatianmu.

6. Atur waktu kerja

Memberlakukan pengaturan waktu di setiap pekerjaan yang kamu lakukan bisa menghemat waktu dalam jangka panjang. Shepherd merekomendasikan pengaturan penghitung waktu mundur selama 60 menit dan bertujuan untuk fokus pada satu item pekerjaan selama jam itu.

“Di dunia hari ini, kita akan merasa terdistract rata-rata setiap tiga menit. Namun, butuh 11 menit bagi kita untuk mendapatkan kembali konsentrasi. Itu artinya kita tidak pernah bisa mencapai konsentrasi. Di situlah penghitung waktu berguna.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply