Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Nigel Richards, Juara Scrabble Bahasa Prancis yang Tak Bisa Bahasa Prancis

Nigel Richards (dok foto: O'Malley/REX Shutterstock)

Topcareer.id – Nigel Richards, Pria asal New Zealand memenangkan Kejuaraan Dunia Scrabble berbahasa Prancis. Padahal ia tak bisa bahasa Prancis. Kok bisa?

Asal tekun belajar pasti bisa. Kemenangannya diperoleh dari hasilnya berminggu-minggu mempelajari kamus bahasa Prancis.

Temannya yang juga mantan presiden Asosiasi Scrabble Selandia Baru, Liz Fagerlund mengatakan bahwa dia (Richards) sama sekali tidak bisa berbahasa Prancis. “Dia hanya mempelajari kata-katanya. Dia tidak akan tahu apa artinya, dan tidak akan bisa juga melakukan percakapan dalam bahasa Prancis,” kata Liz dikutip laman NPR.

Baca juga: 6 Bahasa Asing yang Sulit Dikuasai di Dunia

Nigel Richards adalah pemain Scrabble terbaik sepanjang masa, ungkap pakar Scrabble Stefan Fatsis. Richards mampu mengingat kata-kata dengan sangat andal.

Pada dasarnya, apa yang Richards lakukan adalah melihat daftar kata dan melihat halaman kamus. Dia dapat menyulap gambar dari apa yang telah dia lihat. Richards mengatakan jika dia mendengar sebuah kata, itu tidak akan melekat pada otaknya. Tetapi jika dia melihatnya sekali, itu cukup baginya untuk mengingatnya.

French Scrabble alias scrabble bahasa Prancis memiliki 386.000 kata. Itu banyak, dan itu jauh lebih banyak daripada Scrabble Amerika Utara sebanyak 187.000 kata.

“Scrabble adalah permainan matematika. Ini adalah permainan strategi, ini adalah permainan hubungan spasial dan papan geometri. Kamu harus memiliki otak matematika untuk menjadi hebat di Scrabble,” kata Fatsis.

Baca juga: Tips Menjadi Juru Bahasa Profesional

Kini Richard tinggal di Malaysia. Dia berasal dari Christchurch, New Zealand, tempat dia dulu bekerja di sebuah perusahaan air sebagai teknisi.

Richards memenangkan Scrabble Prancis dengan skor akhir 565-434 atas Schonick Ilagou Rekawe dari Gabon. Semula banyak yang berpikir kejuaraan ini kurang memiliki pesaing kuat. Penyelenggara lomba Observateur meyakini semula kandidat pemenang terkuat yang berasal dari Prancis, Swiss, Senegal, dan negara lain yang punya kaitan dan sejarah dengan bahasa Prancis.

Di dunia Scrabble, tampaknya tidak ada yang tidak bisa dilakukan Richards. Dia telah memenangkan kejuaraan dunia scrabble berbahasa Inggris tiga kali, dan memenangkan turnamen Scrabble Nasional Amerika Serikat lima kali. *

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply