Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Robot Karya Mahasiswa MIT Pecahkan Rekor Dunia Rubik’s Cube

Sumber foto: Udemy

Topcareer.id – Seberapa cepat kamu mampu menyelesaikan Rubik’s cube? Seberapa pun jagonya kamu, rasanya akan sulit mengalahkan kemampuan robot yang dikembangkan oleh mahasiswa MIT Ben Katz dan Jared Di Carlo.

Dikutip dari bigthink.com, Rabu (19/02/2020), rubik’s cube ukuran asli (3x3x3) memiliki 43 triliun kemungkinan kombinasi dan satu solusi.

Selama bertahun-tahun, telah ada sejumlah kompetisi, tantangan dan variasi untuk menyelesaikannya.

Rekor pengatur rubiks cube tercepat saat ini dipegang Yusheng Du asal China. Ia menyelesaikan Rubik’s cube 3x3x3 dalam waktu 3,47 detik pada 2018 lalu.

Baca juga: Berstatus Mahasiswa? Ini Alasan Kenapa Magang Penting Buat Kamu

Kembali ke 2016, ada sebuah robot yang membuat rekor untuk memecahkan Rubik’s cube ukuran 3x3x3 hanya dalam 0,637 detik. Tapi menurut beberapa orang, itu tidak cukup cepat untuk ukuran robot.

Tantangan ini kemudian dijawab oleh Ben Katz dan Jared Di Carlo. Ben adalah mahasiswa pascasarjana teknik mesin, sementara Jared adalah mahasiswa teknik elektro dan ilmu komputer

Mereka mengatur motor yang bergerak di setiap permukaan kubus Rubik menggunakan software dan kamera web yang menunjuk ke kubus untuk menentukan keadaan awal masing-masing permukaan.

Robot buatan 2 mahasiswa MIT. Sumber foto: broadsheet.ie

Baca juga: Mitos yang Menghantui Seputar Penerimaan Mahasiswa Baru

Hasilnya? Robot mereka memecahkan Rubik’s Cube dalam 0,38 detik. Untuk ukuran manusia, tidak ada manusia yang secara fisik mampu mengalahkan kecepatan ini.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan