Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gojek dan Halodoc Beri Layanan Periksa COVID-19 Jarak Jauh

Halodoc. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Untuk mendukung langkah pemerintah memerangi penyebaran virus corona, Gojek dan Halodoc menghadirkan layanan periksa Covid-19 jarak jauh (telemedicine).

Diharapkan, lewat layanan ini masyarakat mendapat akses lebih mudah untuk berkonsultasi dengan dokter secara online mengenai kondisi kesehatan dan gejala Covid-19 tanpa perlu ke rumah sakit atau klinik.

Layanan ini mendukung pemerintah agar bisa lebih fokus pada penanganan pasien Covid-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan intensif di Rumah Sakit.

Layanan kesehatan jarak jauh ini melibatkan sekitar 20.000 dokter berizin dan berpengalaman pada ekosistem Halodoc.

Di aplikasi Gojek, layanan periksa Covid-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card. Pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check Covid-19 tersebut di tampilan aplikasi Gojek dan dia akan diarahkan langsung ke layanan Check Covid-19 di aplikasi Halodoc.

Baca juga: Kapan Vaksin Virus Corona Siap Digunakan?

“Pandemi Covid-19 merupakan kejadian luar biasa yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah dan swasta,” kata drg. Oscar Primadi, MPH., Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan tertulis.

“Kami percaya kolaborasi ini akan memperkuat sistem penanganan Covid-19 yang telah disusun pemerintah secara komprehensif. Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko Covid-19,” ujar drg. Oscar.

Para pengguna layanan ini bisa berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan atau pemeriksaaan mandiri terkait Covid-19.

Selain itu, dokter dari Halodoc juga akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah, dan obat yang diresepkan akan diantar mitra Gojek ke rumah pengguna. Rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk pemerintah akan diberikan bila pengguna memerlukan penanganan dan tindakan lebih lanjut.

Baca juga: Mampukah Indonesia Membuat Vaksin Virus Korona?

“Kami merasa punya kewajiban membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itu, kami turut mengerahkan seluruh elemen dari ekosistem kami untuk memperkuat penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujar Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group.

Andre juga menegaskan bahwa mitra driver dan merchant saat ini berperan penting dalam membantu masyarakat Indonesia melewati masa sulit ini.

Sementara itu, Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek Group menyebut bahwa kemitraan dengan Halodoc dan Kementerian Kesehatan RI ini sejalan dengan “gerakan #dirumahaja yang telah Gojek gaungkan guna memutus rantai penularan Covid-19, mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga jarak sosial.”

“Dengan adanya pemeriksaan awal ini, kami percaya kami bisa membantu meringankan beban pelayanan di rumah sakit, mempercepat deteksi Covid-19 dan menghindari orang harus keluar rumah untuk tes sehingga pandemi Covid-19 bisa segera berlalu,” kata Kevin.

Adapun Jonathan Sudarta, CEO Halodoc menyampaikan “Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori Covid-19 kapan pun dan di mana pun supaya sistem layanan kesehatan Pemerintah bisa difokuskan kepada penanganan pasien Covid-19,” kata Jonathan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply