Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pentingnya Bersihkan Ponsel di Tengah Pandemi Corona

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Ketika virus corona mulai memangsa banyak korban jiwa dan menginfeksi hampir di seluruh dunia, terjadi lonjakan penjualan produk-produk medis dan pembersih lainnya, seperti pembersih tangan (hand sanitizer), masker, tisu antiseptic, tisu toilet, dan sebagainya.

Untuk melindungi diri dari virus korona, para profesional kesehatan mengatakan hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencuci tangan secara teratur.

Yang sering dilupakan, adalah membersihkan ponsel secara teratur juga.

“Saran saya adalah waspada, tapi tenang, dan jangan panik. Saya membersihkan ponsel saya setidaknya sekali sehari,” kata Dr. Amy Edwards, seorang spesialis penyakit menular anak-anak di Rumah Sakit Universitas yang bekerja dengan Pusat Pengobatan Perjalanan & Kesehatan Global UH Roe Green, dikutip dari CNBC Make It.

Ponselmu ‘seperti tangan ketiga’

“Sering dikatakan bahwa ponselmu seperti tangan ketiga karena kamu terus-menerus menyentuhnya,” kata cleaning influencer Melissa Maker.

Menurut sebuah studi 2017, orang-orang memegang ponsel mereka selama makan, di kereta, dan ke kamar mandi. Akibatnya, ponsel membawa lebih dari 17.000 salinan gen bakteri. Laporan itu menyimpulkan bahwa ini mungkin memainkan peran dalam penyebaran infeksi.

Menurut Edward, membersihkan ponsel setiap hari, merupakan tindakan yang cerdas saat ini.

“Tentu saja, jika kamu membiarkan banyak orang menggunakan ponselmu, kamu ingin membersihkannya untuk membantu mencegah penyebaran.”

Baca juga: Tips Aman untuk Karyawan yang Masih Harus Tetap Bekerja di Luar Rumah

Cara membersihkan dan mendisinfeksi ponsel

Jika ingin membersihkan ponsel secara efektif, Maker mengatakan untuk tidak menggunakan lap Lysol atau pembersih desinfektan, karena dapat menghilangkan lapisan ponsel dari waktu ke waktu.

“Bahan kimia yang digunakan dalam tisu desinfektan tidak dimaksudkan untuk digunakan pada alat elektronik,” katanya.

Sampai saat ini, Apple menyarankan agar tidak menggunakan produk pembersih tradisional atau udara bertekanan. Namun awal bulan ini, Apple memperbarui instruksinya untuk bisa membersihkan ponsel dengan tisu desinfektan, selama diseka dengan lembut dan menghindari cairan di port pengisian baterai.

Salah satu alternatifnya, membersihkan tisu yang khusus dibuat untuk perangkat elektronik. Pembuat menyarankan menggunakan kain microfiber.

“Microfiber memiliki kemampuan untuk mengambil bakteri,” kata Maker dalam Grow.

Baca juga: Ponselmu 7 Kali Lebih Kotor daripada Tempat Duduk Toilet

Kain microfiber yang basah dapat menghilangkan mikroorganisme, termasuk virus dan bakteri. Ini lebih efektif daripada kain katun, dan tak akan merusak ponsel seperti yang dilakukan Lysol, kata ahli mikrobiologi Kristen Gibson kepada The Wall Street Journal.

Kamu juga dapat memasangkannya dengan pembersih buatan sendiri yang setara dengan air dan alkohol. Celupkan kain ke dalam campuran, pastikan tidak terlalu basah, kemudian bersihkan semua bagian ponsel.

Ini akan berfungsi sebagai desinfektan yang efektif. Dan, tentu saja, pastikan kamu sering mencuci tangan.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply