Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Mencari Pekerjaan Baru di Tengah Pandemi Virus Corona

Ilustrasi: Study365

Topcareeer.id – Selama pandemi virus corona berlangsung, mau bergerak maju terkait karier atau pekerjaan tampaknya terasa lebih sulit. Implikasi ekonomi dan sosial COVID-19 menyebabkan angka ketenagakerjaan terpukul. Tapi masih ada perusahaan di beragam industri yang malah merekrut pekerja. Bagaimana kamu bisa mengambil peluang di situasi sulit saat ini?

“Penjual makanan dan kebutuhan pokok lainnya seperti Walmart dan Amazon mengatakan mereka ingin merekrut ribuan orang,” kata Rebecca Binder, direktur pelaksana senior di RF|Binder, perusahaan komunikasi dan konsultan strategis, dikutip dari laman Fortune.

Bergantung pada apa yang ingin kamu lakukan dan apa keterampilanmu, masih ada pekerjaan di luar sana untukmu. Berikut tips untuk mencari pekerjaan di tengah pandemic wabah virus corona, seperti dalam laman Fortune.

Baca juga: 8 Cara Hindari Cemas dan Selesaikan Pekerjaan di Tengah Pandemi Corona

1. Bersabarlah dan akui situasinya

Sama frustasinya dengan menunggu jawaban untuk mendapatkan pekerjaan. “Banyak perusahaan masih berusaha mencari tahu apa arti virus corona untuk bisnis mereka,” kata Binder.

Sementara, kata dia, beberapa perusahaan mungkin meniadakan rekrutmen, banyak yang masih mewawancarai untuk posisi terbuka. Tunjukkan pemahaman dan jangan menafsirkan respons yang tertunda sebagai bentuk kurangnya minat.

Jika kamu baru-baru ini mewawancarai perusahaan dan belum mendengar kabar, tidak apa-apa untuk menjangkau perekrut. Namun, menurut Kim Hoffman, direktur akuisisi bakat Intuit, kamu harus mempertimbangkan menunggu setidaknya dua minggu sebelum menindaklanjuti.

2. Jaringan dan perbarui sumber dayamu

Meskipun banyak hal mungkin lebih sulit dilakukan dari rumah, memperbarui sumber daya yang dihadapi perekrut adalah hal yang sebenarnya lebih mudah. Lokakarya virtual dan kelas online dapat menambah tingkat keahlian, membuatmu lebih mudah dipasarkan.

“Ini adalah kesempatan sempurna untuk mengerjakan branding diri, seperti memperbarui riwayat hidup dan profil LinkedIn-mu, atau membangun keterampilan baru,” kata Hoffman.

Setelah memperbarui semua aset, saatnya memperluas jaringan. Ada banyak cara untuk tetap melakukannya sementara tetap melakukan social distancing. Hoffman merekomendasikan untuk menjangkau orang-orang untuk pertemuan kopi virtual dan wawancara informal. Uji koneksi wifi dulu.

Baca langkah selanjutnya di halaman berikut>>

1 Comment

  • Dengan pengalaman saya sebagai seorang sales supervisor, saya sudah mencoba apply pekerjaan dari mulai posisi sales hingga area manager, namun hingga hari ini tidak satu pun perusahaan yg merespon. mau tidak mau kondisi seperti serangan pandemi covid 19 ini memang harus kita terima dengan lapang dada.Bagaimana pun juga hajat hidup orang banyak yg dalam hal ini adalah keluarga harus tetap terpenuhi walau harus menjual beberapa aset demi menjaga kelangsungan hidup. sesulit apapun hari esok dan ke depan tetaplah terus berdoa semoga selalu dimudahkan serta dikuatkan menghadapi banyak persoalan “perut” nanti.

Leave a Reply