Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

5 Hal yang Bikin Tetap Produktif saat Kerja di Rumah

Sumber foto: Kompasiana.com

Topcareer.id – Saat ini, kita diimbau melakukan semua aktivitas di rumah, termasuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Semua ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Mungkin di minggu pertama, WFH adalah kegiatan yang menyenangkan. Tapi begitu memasuki minggu kedua, bekerja dari rumah bisa membuat kita stres. Inspirasi dan kreativitas pun perlahan hilang akibat terlalu bosan.

Hal tersebut ternyata wajar. Menurut beberapa penelitian, kinerja otak dan kapasitas kita untuk bisa menyelesaikan masalah akan menurun drastis di saat kita terbebani oleh stres.

Karena itu, seperti diikutip dari Entrepreneur.com, Jumat (24/4/2020), coba lakukan 5 hal sederhana berikut untuk membuat pikiran kamu kembali kreatif.

Freewriting
Untuk menjernihkan pemikiran, kita dapat melakukan freewriting. Dengan melakukan aktivitas menulis secara terus menerus, kamu dapat menyentuh alam bawah sadar sehingga kamu dapat melepas beban-beban yang ada di otak. Hal ini bisa membuat ide-ide segar muncul kembali, lho.

Permainkan produktivitasmu dengan time tracking
Kalo kamu menyukai kompetisi atau perlombaan, maka permainan waktu akan membantu memulihkan produktivitas kamu. Salah satu contoh yang bisa kamu lakukan adalah membuat to-do list dengan memakai timer.

Selain itu, kamu juga bisa coba pomodoro technique di mana kamu diminta bekerja selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Ini akan membuat stres menjauh dari pikiran kamu.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Saat Work From Home

Latih otot problem-solving kamu
“Mindstorming” merupakan sebuah taktik di mana kita harus menuliskan sebuah masalah, lalu kita memikirkan 20 solusi yang berbeda–beda.

Ahli Pengembangan personal, Brian Tracy mengatakan bahwa 5 solusi pertama biasanya akan keluar dengan mudah, lalu lima berikutnya akan sedikit menantang, dan sepuluh yang terakhir akan sangat menyulitkan.

Nah, pekerjaan ini enggak cuma melatih pemikiran kreatif kamu, tapi juga bisa mendukung percaya diri kamu di saat menghadapi rintangan bisnis yang menantang. Seiring dengan waktu, kamu akan merasakan sendiri keterampilan kamu dalam menghadapi masalah.

Sketchnoting
Kenapa kita harus terikat dengan kata–kata? Sketchnoting adalah mencatat atau memroses informasi dengan menggunakan bentuk, panah, container, dan representasi visual lainnya.

Seperti yang dijelaskan oleh buku dari Dr. Betty Edwards yang berjudul Drawing On The Right Side Of The Brain, fungsi verbal dan kesadaran berada di sisi kiri otak, sedangkan fungsi visual di proses di sisi kanan.

Jadi, jika kamu ingin menggerakkan sisi kreatif kamu, sketchnoting bisa jadi solusi untuk membuka ide–ide baru yang segar. Salah satu penelitian dari Drexel University bahkan menyatakan bahwa pendekatan melalui seni bisa membuat kita merasa lebih berhasil dan termotivasi.

Baca juga: 10 Aplikasi Penunjang Kerja dari Rumah karena Wabah Corona

Lakukan sesuatu yang lain
Terkadang kreativitas bisa didapat dengan melakukan pekerjaan fisik. Misalnya menyapu, mengepel, atau membereskan lemari.

Hal ini diketahui bisa menyeimbangkan otakmu dan membuatmu lebih segar dari sebelumnya. Alhasil, selain rumah kamu jadi lebih bersih dan rapi, kamu juga bisa jadi lebih fokus dan membawa banyak ide-ide segar ke pekerjaan kamu di masa–masa yang tidak menentu ini.

Selamat mencoba.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply