Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Posting Hal Seperti Ini di Mesdos Saat Pandemi Bisa Hancurkan Karier

(pixabay)

Topcareer.id – Mungkin kamu tahu ada beberapa hal yang memang tak seharusnya diposting di sosial media karena bisa membahayakan karier. Jadi, kamu perlu menghindari postingan sosial media, seperti foto mabuk, atau hal-hal berbau politik, bakan foto-foto yang menunjukkanmu melanggar social distancing saat pandemi.

Seperti halnya kesalahan media sosial, memposting foto diri yang tidak mengikuti aturan social distancing dapat merusak peluangmu untuk mengesankan perusahaan.

Menurut pelatih pekerjaan impian dan pakar akuisisi bakat Lindsay Mustain, ini semua kembali pada gagasan bahwa personal brandingmu dibuat oleh konten apa (foto, video, meme) yang kamu keluarkan untuk dikonsumsi dunia.

Baca Juga: Tingkatkan Kariermu Lewat Media Sosial, Begini Caranya

“Setiap kali kamu memasukkan sesuatu ke platform media sosial, saya ingin kamu mempertanyakan dulu: ‘apakah ini memengaruhi personal branding saya?” kata Mustain dalam laman The Ladders.

Menurut Mustain, lebih dari 90% perekrut dan manajer perekrutan melihat platform media sosial sebelum membuat keputusan untuk mewawancaraimu. Dengan itu, kehadiran media sosial harus benar-benar dimanfaatkan, yaitu dengan meningkatkan personal branding diri sebagai kandidat terbaik.

“Ketika kamu memposting ‘foto-foto pelanggaran aturan jarak sosial’, bias pertama yang muncul dalam pikiran saya sebagai seorang perekrut dan manajer perekrutan adalah ‘Jika orang ini mengabaikan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, apa kemungkinan yang akan mereka mainkan oleh aturan di dalam perusahaan saya?” ucap Mustain.

Apa kesalahan posting media sosial lain yang bisa kamu lakukan saat ini?

Ini adalah salah satu momen gila dalam sejarah yang semua orang di negara ini karena mengalami pengalaman gila yang sama. Bahkan mungkin menjadi saat-saat besar di mana media sosial adalah alat komunikasi di seluruh negeri.

Baca Juga: Yang Perlu Dijauhi Saat Bangun Personal Branding Di Media Sosial

Sebagai aturan praktis, Mustain menyarankan untuk tidak memposting apa pun secara online yang tidak akan kamu anggap sopan untuk dibahas di pesta makan malam, termasuk topik-topik seperti politik, agama, dan tentu saja, lelucon tentang pandemi virus corona.

Ini adalah hal-hal yang direkomendasikan Mustain agar kamu selalu hindari di media sosial:

– Berbicara negatif tentang bosmu (saat ini atau sebelumnya)

– Membahas mengapa pekerjaanmu berakhir

– Menghina tentang perusahaanmu saat ini atau sebelumnya

– Mengeluh

– Membahas betapa buruknya pencarian pekerjaanmu

– Negativitas

– Berbicara tentang mata pelajaran seperti politik atau agama

– Diskriminasi dalam bentuk apapun

– Bergosip

– Trolling (memancing kekesalan orang, memicu pertengkaran)

– Terlibat dalam perdebatan sengit

– Humblebragging (pamer terselubung)

– Posting apa pun di media sosial yang dapat melanggar kebijakan perusahaan (dan membuatmu dipecat)

– Meme, video, dan/atau lelucon yang kontroversial.* (RW)

Leave a Reply