Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Solusi Kantong Kering Usai Lebaran

Ilustrasi. Sumber foto: ShutterstockIlustrasi. Sumber foto: Shutterstock

Topcareer.id – Gara-gara pandemi corona banyak perusahaan terkena dampak ekonomi. Ujungnya berimbas pada karyawan. Ada yang kena PHK, ada yang gajinya tinggal separuh, serta THR dipotong. Sedih, sebab petaka ini berbarengan dengan Idul Fitri yang seharusnay dirayakan dengan ceria.

Apapun, kita harus menghadapi kenyataan. Yang masih bekerja patut bersyukur masih diberi rezeki di tengah masa sulit.

Namun tak bisa dipungkiri kembali bekerja setelah liburan lebaran walau uang pas-pasan membuat orang tak semangat bekerja.

Apalagi jika masih harus melalui hari-hari panjang menjelang gajian berikutnya. Ah, bisa-bisa stres melanda.

Bagaimana pun, profesionalisme dan semangat kerja tak boleh luntur lantaran masalah keuangan. Bagaimana menyiasati hari-hari kantong kering setelah Lebaran?

Baca juga: Cara Menghemat Uang di Masa Pandemi Virus Corona

1.Membolos bukan solusi
Di masa karantina wilayah alias PSBB kebanyakan pekerjaan dilakukan dari rumah alais work from home (WFH). Itu bisa menghemat ongkos. Namun, bagaimana dengan yang harus datang ke kantor di tengah keuangan tipis?

Hm, kamu mulai berpikir untuk membolos saja. Tapi, apakah membolos membantu menyelesaikan masalah? Menambah masalah, iya. Ya, membolos sama sekali bukan solusi bijak, tetapi hanya pelarian sementara. Selain masalah absen, ketidakhadiran mungkin akan membawa masalah untuk pekerjaan di kantor. Belum lagi, pikiran kamu selama membolos pun terus tak terlepas dari urusan kantor.

2.Pertahankan imej
Ingatlah, performa kerja yang menurun akan berdampak pada imej yang kurang baik. Masalah keuangan seharusnya menjadi hal yang sepele dibandingkan mempertahankan imej yang selama ini telah kamu bangun.

Baca juga: Kelola Keuanganmu Hari Ini untuk Masa yang Akan Datang

Tetaplah bekerja seperti biasa dan tunjukkan kerja maksimal, demi citra baik. Kalau kinerja makin bagus, bukankah kesempatan naik jabatan semakin besar? Mungkin tahun depan kondisi keuangan pasca-Lebaran tak akan sekering ini, karena pendapatan sudah jauh bertambah.

3.Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah
Semakin banyak mengeluh pada rekan kerja atau teman-teman dekat, semakin berat masalah kamu. Masalah keuangan tidak akan selesai hanya dengan mengeluh. Kamu justru akan kehilangan banyak waktu produktif karena kebanyakan mengeluh. Tetaplah fokus bekerja.

Cari tahu lebih banyak di halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply