Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Tempat Tinggal di Dekat Pantai Bawa Ketenangan Jiwa

Ilustrasi. (dok. Agoda)

Topcareer.id – Rumah adalah tempat kita bisa meletakkan suasana hati dalam kondisi tenang dan bahagia. Penting dalam memutuskan di mana letak tempat tinggal yang bisa membangun suasana itu ke dalam dirimu.

Jika membayangkan tempat tinggalmu berada di kota dengan lingkungan padat dan sempit, sulit rasanya menemukan ketenangan di sana. Tetapi tinggal di dekat satu tempat, khususnya, dapat menenangkan jiwa dan membuatmu bahagia, ya pilihlah yang dekat dengan laut.

Melangkah ke pasir yang lembut dan membiarkan ombak menyapu adalah dorongan suasana hati yang mudah bagi mereka yang berada di pantai, namun bagi siapa pun, hanya mendekati air adalah hal yang membangkitkan kebahagiaan.

Baca juga: Bosan di Rumah? Ini Aplikasi dan Situs Memasak yang Bisa Kamu Coba untuk Isi Waktu Luang

Para peneliti di Pusat Eropa untuk Kesehatan Lingkungan mengatakan bahwa tinggal di dekat laut tampaknya memberi manfaat terbesar terkait kesehatan pada mereka yang tinggal di daerah termiskin.

“(Hidup di dekat lautan), menurunkan stres dan kecemasan, meningkatkan rasa kesejahteraan dan kebahagiaan secara keseluruhan. Detak jantung dan tingkat pernapasan yang lebih rendah, dan latihan yang aman juga lebih baik,” kata Dr. Wallace J. Nichols dalam bukunya, Blue Mind.

“Terapis air semakin mencari ke air untuk membantu merawat dan mengelola PTSD, kecanduan, gangguan kecemasan, autisme, dan banyak lagi,” kata dia dikutip dari laman The Ladders.

Gagasan bahwa perairan yang damai membawa pikiran yang damai bukanlah hal yang baru. Itu sebabnya orang membayar mahal untuk tinggal di properti tepi danau atau tepi pantai. Tetapi penelitian mendukung lebih dari ini.

Baca juga: 7 Trik Manfaatkan Sudut Rumah untuk Dijadikan `Home Office`

Memiliki rumah di dekat perairan memungkinkanmu beristirahat lebih baik di malam hari. Debur suara lautan untuk tidur masuk akal, karena otak kita mengartikan suara itu bukan sebagai ancaman.

Melihat kehidupan lautan juga bisa membuatmu bebas stres. Hanya dengan melihat kolam ikan dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah, sebuah penelitian di Inggris menunjukkan. Semakin banyak tanaman dan ikan, atau keanekaragaman hayati, semakin baik perasaan kita.

Secara keseluruhan, memiliki alam bebas sangat membantu. Studi lain menunjukkan bagaimana mendapatkan air dalam jarak berjalan kaki atau pulang pergi membuat orang, secara keseluruhan, berada dalam suasana hati yang lebih baik. Hanya sampai di taman, tanpa air, meningkatkan kebahagiaan sebesar 7% di beberapa warga London.

“Mengingat basis bukti yang muncul untuk manfaat dari kontak alam, upaya yang lebih besar harus dilakukan untuk meningkatkan akses ke alam untuk membantu mengatasi ketidakadilan kesehatan yang signifikan yang dialami orang-orang dari lingkungan bertingkat rendah, berbeda dengan rekan-rekan mereka yang istimewa,” kata para peneliti dalam Sains Rayuan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply