Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Baikkah Terus Menggunakan Masker Selama Olahraga di Luar Ruang?

Topcareer.id – Peraturan pemerintah di hampir seluruh negara yang terinfeksi Covid-19 mengharuskan warga untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah, bahkan termasuk saat berolahraga. Tapi, apakah berolahraga sambil menggunakan masker baik bagi kesehatan?

Anjuran dari spesialis kedokteran olahraga, gunakan masker untuk olahraga intensitas ringan.

Dokter Michael Triangto, Spesialis Kedokteran Olahraga sekaligus Direktur Slim&Health Sports Center Jakarta, mengatakan ​bila masker digunakan saat berolahraga, dapat dimengerti bila ada yang merasakan sesak terutama pada olahraga berintensitas berat.

Ia menambahkan, sebelum berolahraga ada baiknya setiap individu mengetahui dengan jelas tujuan dari olahraga itu sendiri. Bila tujuannya untuk sehat, kata dia, tentunya seseorang hanya boleh melakukan olahraganya berintensitas ringan sampai sedang saja sehingga tidak terganggu dengan penggunaan masker.

Baca juga: Olahraga 150 Menit Seminggu Bantu Turunkan Depresi

“Untuk yang ingin tetap berolahraga berat tentunya tidak dapat dilarang. Boleh tetap dilakukan olahraganya, namun dianjurkan dilakukan di dalam rumah sehingga tidak akan terkena kewajiban menggunakan masker dan kemungkinan terinfeksi maupun menginfeksi dari dan ke orang lain,” kata Dokter Michael, seperti dalam rilis yang diterima Topcareer.id.

Yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan bagi atlet yang mau bertanding sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka.

Penggunaan masker

Bila menilai masker yang digunakan ternyata ada banyak sekali macamnya, diantaranya adalah masker untuk meminimalkan kemungkinan terinfeksi Covid-19 yaitu N95, masker bedah ataupun masker kain yang banyak digunakan masyarakat.

Perlu diketahui bahwa penggunaan masker jenis N95 akan sangat mempengaruhi fungsi pernapasan penggunanya karena itu hanya diperuntukkan bagi petugas medis misalnya di ruang-ruang isolasi dan ICU yang khusus merawat penderita Covid, bukan untuk olahraga.

Baca juga: Di Rumah Saja? Jenis Olahraga Ini Baik untuk Kekuatan Otak

Masker bedah tentunya lebih rendah memampuan untuk menyaring udaranya sehingga pada pemakaiannya tidak terlalu menyesakkan sedangkan masker kain lebih nyaman lagi saat dipakainya, karena itu untuk berolahraga di luar ruang lebih dianjurkan menggunakan masker bedah atau masker kain yang banyak di pasaran.

Dokter Michael melanjutkan, masker N95 bukan peruntukan bagi mereka yang berolahraga, apalagi dengan intensitas berat sehingga tidak membahayakan keselamatan jiwa.

​“Tentunya mudah untuk dipahami jika tubuh tidak dalam keadaan sehat tentunya tidak boleh untuk berolahraga terlebih lagi dalam intensitas berat yang pada siapapun menungkinkan terjadi gangguan kesehatan meskipun ia tidak menggunakan masker.”

Ia menyimpulkan bahwa berolahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan sampai dengan sedang sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernapasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan terlebih lagi sehingga menyebabkan kematian. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply