Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Strategi Mencari Pekerjaan Baru di Masa Pandemi

Dok. Jobstreet

Topcareer.id – Bagi siapa saja yang kehilangan pekerjaan atau bisnis mereka selama pandemi virus corona, teruslah bergerak maju walau penuh dengan rintangan.

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan amat sengit akibat banyaknya orang yang mencari pekerjaan. Mereka yang sedang berada pada pertengahan kariernya memiliki masalah unik mereka sendiri.

Mereka pun cenderung berusaha menyulap keadaan setelah bekerja selama bertahun-tahun di bidang tertentu.

Berikut ini beberapa strategi yang dapat membantu mendaratkan dirimu pada pekerjaan baru yang lebih baik.

Baca juga; Kalimat yang Tepat untuk Memulai Surat Lamaran

Carilah perusahaan yang mempekerjakan staf rekrutmen
Jika kamu melihat lowongan pekerjaan untuk perekrut, mempekerjakan manajer atau manajer pembelajaran dan pengembangan, itu berarti perusahaan berencana untuk tumbuh.

Temukan kembali jati dirimu
Sangat direkomendasikan untuk berpikir out of the box ketika mencoba mencari cara untuk menghasilkan uang. Ini juga bisa berarti memutar bisnis atau karier yang sudah kamu miliki. Kamu perlu bangkit dan temukan jati dirimu yang hilang untuk maju mengubah bisnis dan kariermu sehingga kamu bisa menghasilkan pendapatan baru yang lebih baik.

Kuasai wawancara online
Bahkan sebelum pandemi melanda, wawancara video menjadi bagian dari proses pencarian pekerjaan. Sekarang, hal itu menjadi lebih umum. Pastikan kamu memiliki pencahayaan dan latar belakang yang baik. Tingkatkan skill komunikasi dan biasakan diri untuk selalu rapi dan tampil profesional.

Baca juga: Baiknya Kirim Lamaran Kerja Jam Berapa?

Tulis resume terbaik
Dengan begitu banyak orang mencari pekerjaan, kamu harus menonjol di tengah orang banyak. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan resume atau surat lamaran yang baik. Identifikasi nama manajer perekrutan dan jelaskan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini.

Terhubung secara virtual
Lakukan pencarian untuk grup jejaring kerja di daerah kamu. Jangan pernah takut untuk berjejaring, karena itulah cara untuk mendapatkan pekerjaan.

Menjadi relawan
Temui orang-orang yang kamu kenal dan bekerja di perusahaan, lalu tanyakan apakah kamu dapat membantu mereka mengerjakan beberapa proyek secara gratis. Jika kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik, mungkin saja kamu bisa dipekerjakan.

Baca juga: Ini yang Bikin Lamaran Kerja Menguap seperti Angin

Pelajari keterampilan baru
Ada sejumlah kelas online gratis yang dapat kamu ambil untuk mempelajari keterampilan baru. Kamu tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan baru, itu juga bagus untuk resume kamu.

Cari teman untuk mencari kerja
Bekerjasamalah dengan seseorang yang mencari pekerjaan serupa. Dengan cara ini kamu dapat memintanya untuk berbicara setiap hari dan membantumu tetap di jalur yang benar sampai pada akhirnya kepercayaan dirimu semakin meningkat dan mempermudahmu mendapatkan pekerjaan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply