Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Manfaat Minum Air Hangat

Ilustrasi. (dok. Healthline)

Topcareer.id – Minum air putih tak diragukan lagi penting untuk kesehatan tubuh. Begitupun minum air hangat, yang ternyata memberikan banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan pencernaan hingga membuat rileks.

Kebanyakan orang yang minum air hangat sebagai obat kesehatan holistik, di mana diminum  saat pagi hari atau tepat sebelum tidur untuk manfaat kesehatan yang optimal. Minum air hangat sampai suhu antara 120° F dan 140° F (atau sekitar 48-60° Celcius).

Berikut beberapa manfaat minum air hangat, seperti dalam laman Healthline.

1. Meredakan hidung tersumbat

Kehangatan air hangat menghasilkan uap. Mengambil napas dalam-dalam dari uap lembut ini sambil memegang secangkir air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meringankan sakit kepala sinus.

Baca juga: Bayi Lahir Kecil, Ibu Kurang Minum Susu Saat Hamil

2. Membantu pencernaan

Minum air panas menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Bagaimanapun juga, air adalah pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan. Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah. Air hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan hal-hal yang kamu makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh.

3. Menenangkan sistem syaraf pusat

Minum air hangat dapat menenangkan sistem syaraf pusat dan melumasi tubuh. Ketika sistem syaraf dipersiapkan untuk reaksi yang sehat dan terkontrol, kamu akan menemukan bahwa kamu merasakan lebih sedikit rasa sakit, serta lebih sedikit panik sepanjang hari.

Seseorang yang menderita radang sendi mungkin mendapatkan manfaat tambahan dari menggunakan air panas, untuk menenangkan sistem syaraf pusat mereka.

Baca juga: Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Air? Ini Jawabannya

4. Membantu meringankan sembelit

Minum air hangat membantu usus berkontraksi. Ketika itu terjadi, sampah lama yang terperangkap di usus bisa keluar dari tubuhmu. Meminumnya sesekali ketika kamu sembelit juga bukan ide yang buruk.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Minum air hangat membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh mengkompensasi suhu air hangat, itu menurunkan suhu internalmu, dan mengaktifkan metabolismemu. Air panas juga membantu usus berkontraksi untuk membersihkan produk-produk limbah yang membengkak di tubuh, yang menghilangkan “berat air” yang ditakuti.

Baca juga: Awas! Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memicu Migrain

6. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem syaraf pusat, kamu mungkin merasa cemas berkurang jika meminumnya. Jika kamu menambahkan susu hangat ke dalam campuran, kamu mungkin merasa lebih tenang, menurut sebuah penelitian.

7. Dapat membantu mengurangi racun

Minum air panas sementara mulai menaikkan suhu tubuh internal. Ketika kamu minum air hangat, atau saat mandi air hangat, sistem endokrin tubuhmu aktif dan kamu mulai berkeringat. Sementara berkeringat mungkin tidak nyaman, itu adalah bagian penting dari membuang racun dan iritasi yang berasal dari lingkunganmu.

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply