Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kanada Duduki Peringkat Pertama Dunia Sebagai Negara Paling Berpendidikan

Topcareer.id – Negara di seluruh dunia memiliki tingkat pendidikan yang berbeda. Di negara-negara maju, sebagian besar orang dewasanya melek huruf dan setidaknya memiliki pendidikan dasar hingga sekolah menengah atas.

Sedangkan di negara-negara yang kurang berkembang atau terbelakang, kualitas pendidikannya kebanyakan buruk, bahkan banyak orang yang mungkin tidak memiliki akses ke pendidikan sama sekali.

Tingkat pendidikan suatu negara dapat dibagi menjadi tiga tingkatan yakni: di bawah menengah atas, menengah atas, dan tersier.

Pendidikan menengah mencakup dua fase pada skala International Standard Classification of Education: pendidikan menengah bawah (tahap akhir pendidikan dasar) dan pendidikan menengah atas.

Baca Juga: Mengenal Diki Suryaatmadja, Mahasiswa Termuda di Kanada

Pendidikan menengah terjadi setelah enam tahun pendidikan dasar dan diikuti oleh pendidikan tinggi, pendidikan kejuruan, atau pekerjaan. Pendidikan menengah adalah wajib di sebagian besar negara.

Pendidikan tersier, juga dikenal sebagai pendidikan pasca-sekolah menengah, mengacu pada semua jenis pendidikan yang diupayakan di luar tingkat sekolah menengah, seperti program sertifikat, program sarjana, program sarjana, dan sebagainya.

Beberapa survei dan studi telah dilakukan untuk menemukan negara-negara paling berpendidikan di dunia. Organization for Economic Cooperation and Development (Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, atau OECD), telah membuat daftar negara-negara yang paling berpendidikan di dunia berdasarkan jumlah penduduk dewasa antara usia 25 hingga 64 tahun yang telah menerima pendidikan tinggi (Gelar dua tahun atau empat tahun atau telah menerima pendidikan melalui program kejuruan).

Baca Juga: Kanada dan Australia Batal Kirim Atlet ke Olimpiade Tokyo 2020

Berdasarkan informasi ini, Kanada merupakan negara paling berpendidikan nomer 1 di dunia dengan sejumlah 56,71% orang dewasa di sana memenuhi kriteria OECD. Jepang memiliki persentase tertinggi ke-2 yaitu 51,44%, diikuti oleh Israel dengan 50,92%.

Berikut ini top 10 negara paling berpendidikan teratas di dunia berdasarkan studi:

  1. Kanada
  2. Jepang
  3. Israel
  4. Korea Selatan
  5. Inggris
  6. Amerika Serikat
  7. Australia
  8. Finlandia
  9. Norwegia
  10. Luksemburg

Secara umum, tingkat pendidikan terendah terlihat di negara-negara terbelakang. Menurut OECD, pendidikan memainkan peran kunci dalam pembangunan manusia, sosial, dan ekonomi. Pendidikan dapat mempromosikan kesetaraan gender, mengurangi pernikahan dini, mempromosikan perdamaian, dan secara keseluruhan meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki kehidupan yang sehat.

OECD juga menganggap pendidikan sebagai hak asasi manusia, yang memberi setiap orang lebih banyak peluang dalam kehidupan seperti kesempatan kerja, kesehatan yang lebih baik, dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam proses politik.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply