Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Google Kucurkan Dana Investasi ke Jio Platforms

Sumber foto: District DetroitSumber foto: District Detroit

Topcareer.id – Google mengonfirmasi pada Rabu (15/7/2020), bahwa pihaknya berinvestasi USD 4,5 miliar atau setara Rp 66,001 triliun ke perusahaan layanan digital India, Jio Platforms, dengan imbalan 7,7% saham di perusahaan, yang bernilai USD 65 miliar.

Investasi, dilaporkan oleh Bloomberg dan dikonfirmasi oleh Google VP Sameer Samat dalam sebuah posting blog. Kabar investasi ini datang kurang dari empat bulan setelah Facebook mengatakan bahwa pihaknya memompa USD 5,7 miliar ke Jio Platforms.

Dimiliki oleh Reliance Industries milik Mukesh Ambani, Jio Platforms mengoperasikan jaringan telekomunikasi Jio Infocomm, yang telah mengumpulkan lebih dari 388 juta pelanggan 4G sejak diluncurkan pada 2016.

Baca juga: Waspada, Ekstensi Google Chrome Digunakan untuk Mata-matai Kamu

Google mengatakan bahwa mereka berencana untuk bersama-sama mengembangkan smartphone terjangkau entry-level dengan Jio Platforms yang akan dioptimalkan untuk Android dan Play Store.

“Bersama-sama kami senang memikirkan kembali, dari bawah ke atas, bagaimana jutaan pengguna di India dapat menjadi pemilik smartphone,” tulis Samat dalam posting blog, dikutip dari CNBC.

“Upaya ini akan membuka peluang baru, jauh memberi kekuatan pada ekosistem aplikasi yang hidup dan mendorong inovasi untuk pertumbuhan bagi ekonomi India yang baru.”

Baca juga: Google Beri Cuti Tambahan Karyawan Hingga 14 Minggu dan Tetap Dibayar Penuh

Samat kemudian menunjukkan bahwa mayoritas orang di India masih tidak memiliki akses ke internet, dan lebih sedikit yang masih memiliki smartphone. Uang itu diinvestasikan melalui Dana Digitalisasi Google Untuk India senilai USD 10 miliar, yang diumumkan awal pekan ini.

Samat mengatakan dana tersebut telah disiapkan untuk mempercepat ekonomi digital India selama lima hingga tujuh tahun ke depan melalui campuran investasi ekuitas, kemitraan, dan investasi operasional, infrastruktur, dan ekosistem.

“Kami senang menyambut Google sebagai investor strategis di Jio Platforms. Kami telah menandatangani kemitraan yang mengikat dan perjanjian investasi di mana Google akan menginvestasikan INR 33.737 crores untuk 7,7% saham di Jio Platforms,” tulis Reliance Jio di Twitter.

Baca juga: Langkah Google Saingi Apple di Pasar Smartwatch

Ambani, orang terkaya di India, sedang dalam proses mencoba menjual sekitar 20% Jio Platforms untuk mengumpulkan uang bagi perusahaan induk yang dililit utang, Reliance Industries, yang terlibat dalam minyak dan petrokimia. Investor telah mengambil sekitar USD 20 miliar ekuitas di Jio Platforms dalam beberapa bulan terakhir.

Intel mengatakan telah menginvestasikan USD 250 juta ke dalam Platform Jio awal bulan ini, dan dua hari yang lalu, Qualcomm mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk berinvestasi USD 97 juta.

Investor Amerika Serikat lainnya seperti KKR, General Atlantic, Silver Lake dan Vista juga telah memompa miliaran ke Platform Jio.(Feb)

Leave a Reply