Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemnaker Perluas Kesempatan Wirausaha di Bidang Pertanian

Dok/TakePart

Topcareer.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan telah menandatangani nota kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat untuk melaksanakan pelatihan dan program pengembangan padat karya di bidang pertanian.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, kerja sama ini sendiri bertujuan untuk mensinergikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan ketenagakerjaan, dengan menekankan pentingnya ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Kita tahu, dampak Covid-19 ini, banyak teman-teman kita yang mengalami PHK atau dirumahkan. Pasar kerja juga masih wait and see. Untuk itu, perlu diberi perluasan kesempatan kerja,” kata Ida, di Kantor Bupati Bandung Barat, Minggu (19/7/2020).

Baca juga: Piala Dunia 2022, Menaker Minta Qatar Libatkan Pekerja Indonesia

“Pelatihan ini tidak hanya menjadikan mereka diterima pasar kerja, tetapi juga memiliki kesempatan berwirausaha.”

Pada kesempatan yang sama, Plt. Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Aris Wahyudi menambahkan, program ini akan melibatkan 120 orang petani dari wilayah Kabupaten Bandung Barat untuk mendapatkan pelatihan.

“Kami juga akan menyiapkan instruktur, pelatihan pengolahan lahan, penyediaan benih tanaman, pupuk, dan pendampingan untuk memastikan paska panen dapat diserap oleh pasar, yang pada gilirannya akan menguntungkan petani,” jelasnya.

Baca juga: Menaker Minta Perusahaan Beri Pekerja Perempuan Perlindungan Ekstra

Terkait hal ini, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, mengatakan pihaknya telah menyiapkan lahan 10 hektare untuk mendukung kerja sama ini.(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply