Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenal Willis Carrier. Berkat Penemuannya Kita Bisa Menikmati Sejuknya AC

Topcareer.id – Pada 17 Juli 1902, Willis Haviland Carrier merancang sistem pendingin udara modern pertama. Industri yang secara fundamental akan meningkatkan cara hidup banyak orang dalam bekerja dan bermain.

Kejeniusan bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Bagi Willis Carrier, itu terjadi saat ia berada dalam peron kereta Pittsburgh yang berkabut pada tahun 1902. Carrier memandangi kabut tersebut dan menyadari bahwa ia merasa dapat mengeringkan udara dengan melewatkannya melalui air untuk menciptakan kabut.

Melakukan hal itu menurutnya akan memungkinkan untuk membuat udara dengan jumlah kelembaban tertentu di dalamnya. Dalam waktu setahun, ia menyelesaikan penemuannya untuk mengontrol kelembaban, sebuah blok dasar untuk AC modern.

Baca Juga: Ini Efek Kesehatan yang Intai Kamu Karena Kerja di Ruang Ber-AC

Willis Carrier lahir pada 26 November 1876, di sebuah desa kecil bernama Angola, Erie County, New York, Amerika Serikat. Ia Memperoleh gelar sarjana teknik dari Universitas Cornell pada tahun 1901. Bekerja di Buffalo Forge Company pada tahun 1901 dan berhasil merancang sistem pendingin udara modern pertama di dunia pada tahun 1902.

Tak hanya itu, prestasinya juga ia berhasil mengembangkan Rumus Psikrometri Rasional pada tahun 1911, mendirikan Carrier Engineering Corporation pada tahun 1915, dan puncaknya ia mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Lehigh (1935) dan Universitas Alfred (1942).

Willis meninggal pada 7 Oktober 1950, di Kota New York. Namanya dilantik ke dalam National Inventor Hall of Fame pada tahun 1985, dan ia disebut sebagai salah satu dari “100 Orang Paling Berpengaruh di Abad ke-20” pada tahun 1998 oleh majalah TIME.

Baca Juga: 5 Langkah Hindari Virus Corona Di Dalam Ruangan

Pelajaran yang berguna seumur hidup Willis Carrier

Willis Carrier berhasil memecahkan salah satu tantangan umat manusia yang paling sulit dipahami, yaitu mengendalikan suhu lingkungan dalam ruangan. Saat masih anak-anak, ia kesulitan memahami konsep pecahan. Menyadari perjuangannya, ibunya mengajarinya dengan memotong seluruh apel menjadi potongan-potongan kecil berbagai ukuran. Dia kemudian mengatakan bahwa pelajaran ini adalah yang paling penting yang pernah dia pelajari karena mengajarkan kepadanya sebuah nilai dari pemecahan masalah yang cerdas.

Carrier memungkinkan industri untuk berkembang

“Bapak Pendingin Udara,” julukan baggi Willis Carrier, penemuannya telah memunculkan banyak industri yang membantu perekonomian hingga saat ini. Pembuatan segala sesuatu mulai dari makanan yang hingga persediaan masa perang dimungkinkan oleh pendingin udara. Pendingin udara mengarah langsung ke industri film blockbuster ketika orang-orang datang ke bioskop yang didinginkan untuk menghindari udara panas. Kontrol suhu dan kelembaban yang tepat dari penemuannya bahkan memungkinkan pusat perbelanjaan, penerbangan trans-Atlantik beroperasi dengan nyaman, dan komputer serta server yang memberi daya pada Internet juga terhindar dari kerusakan akibat suhu mesin yang panas.

Membawa kenyamanan ke dunia

Willis Carrier mengakui sejak awal mulai mengembangkan jaringan dealer, distributor, dan pelanggan internasional. Sukses dengan pemasangan awal di Eropa dan Asia adalah indikator aplikasi universal pendingin udara lintas batas internasional.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply