Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tren Outfit Kantor Seperti Ini yang Mungkin Hadir Pasca-Pandemi

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Semenjak virus corona Covid-19 menyerang pada Maret lalu, praktis semua kegiatan perkantoran dihentikan sementara. Semua pekerja mulai beradaptasi dengan kehidupan kantor-rumah mereka, termasuk outfit pekerja saat berkantor di rumah.

Banyak mungkin di antara pekerja yang mementingkan kenyamanan pakaian selama bekerja dari rumah. Memakai celana training, kaos berkerah dua kali seminggu, seperti outfit yang lumrah saat bekerja di tengah pandemi.

Nah, ketika beberapa kantor ragu memutuskan untuk kembali beroperasi terlalu cepat, mungkin salah satu cara untuk membuat pekerja merasa nyaman dimulai dengan aturan berpakaian yang lebih santai, layaknya kerja di kantor-rumah mereka selama ini.  

Baca Juga: Mau Wawancara Kerja? Jangan Gunakan Outfit Ini

Tapi, bisakah pekerja mulai masuk ke kantor mengenakan celana pendek olahraga yang mereka kenakan saat bekerja dari rumah atau celana training dengan kaos?

Pakar pekerjaan Robert Half, Kim Garstein mengatakan kepada Ladders bahwa aturan berpakaian yang lebih santai bisa dibuat ketika para pekerja kembali ke kantor setelah pandemi virus corona.

“Para profesional datang ke lingkungan kerja yang berbeda setelah Covid-19, dan pengusaha beradaptasi dengan perubahan ini yang mungkin termasuk kode pakaian,” kata Garstein.

“Karyawan pasca-pandemi akan memiliki harapan yang berbeda dan perusahaan perlu menilai kembali prioritas dan membuat perubahan yang berarti yang akan meningkatkan lingkungan kerja bagi staf mereka, dan ini mungkin termasuk aturan berpakaian yang semakin santai,” jelasnya.

Baca Juga: Yuk Perbaiki Penampilan di Tempat Kerja, Begini Caranya

Ia mengatakan, karyawan harus terus mengedepankan langkah terbaik mereka di semua aspek saat perusahaan menavigasi norma baru pasca-pandemi.

Sementara satu dari tiga pekerja mengatakan mereka akan mengeluarkan USD5.000 tambahan untuk aturan pakaian yang lebih santai di tempat kerja. Namun, Garstein mengatakan bahwa caramu berpakaian masih memiliki nilai di kantor.

“Meskipun ada perubahan di tempat kerja karena Covid-19, berpakaian secara profesional masih memiliki banyak nilai di dunia kerja, memberikan kredibilitas kepada orang-orang dan menunjukkan bahwa mereka cocok dengan lingkungan kerja,” tuturnya.

Dengan berpakaian secara pantas untuk rapat, sambung dia, apakah itu di kantor atau melalui video call Zoom, kamu memproyeksikan citra profesional dan pemahaman tentang budaya bisnis. “Berpakaian secara profesional memberi kredibilitas kepada setiap orang.”**(RW)

Leave a Reply