Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Studi Sebut Ini Rahasia Belajar Secara Efektif dan Cepat

Topcareer.id – Belajar untuk memahami sesuatu dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari belajar secara teknis, hingga pengalaman langsung dari kehidupan sesungguhnya. Banyak di antaranya yang membuat pelajaran menjadi lebih menarik, tujuannya tentu agar cepat diserap.

Tapi, dikutip dari The Ladders, sebuah studi baru yang dilakukan di Washington State University menemukan bahwa “detail yang menggoda atau menarik” dalam rencana pelajaran atau inisiatif pembelajaran biasanya malah lebih buruk.

Coba pikirkan kembali sejenak semua guru sekolahmu sebelumnya. Beberapa mungkin hanya terpaku pada rencana pelajaran yang diuraikan dalam buku teks, tidak pernah mencoba untuk membumbui sesuatu dengan lagu atau permainan.

Baca Juga: Moeldoko Beri 3 Strategi Belajar di Masa New Normal

Lainnya, kemungkinan besar, sedikit lebih menyenangkan; sesekali memperlakukan kelas dengan beberapa lelucon, anekdot, atau video. Meskipun kamu mungkin jauh lebih menikmati kelas guru yang menyenangkan, menurut temuan ini, kamu belajar lebih banyak di kelas yang membosankan.

Para peneliti mengatakan bahwa detail yang menggoda, atau sedikit informasi yang menyenangkan dan menarik namun pada akhirnya tidak relevan, dapat menghambat pembelajaran.

Secara keseluruhan, 58 studi sebelumnya dianalisis untuk proyek ini, mencakup lebih dari 7.500 siswa. Secara luar biasa, siswa yang diajar dengan rincian ekstra yang tidak material memiliki kinerja yang lebih buruk pada penilaian dibandingkan dengan siswa yang hanya berpegang pada fakta.

“Jika kamu memiliki informasi yang tidak relevan, dan itu adalah sesuatu yang menarik, siswa cenderung berprestasi lebih buruk,” kata Kripa Sundar, penulis utama makalah yang didasarkan pada disertasinya dari WSU’s College of Education, di sebuah rilis pers.

“Ada beberapa hipotesis tentang mengapa hal itu terjadi. Tetapi yang paling sederhana adalah perhatian siswa sekarang dialihkan ke informasi yang tidak relevan itu, dan mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencoba memahami apa detail yang menggoda itu daripada materi kontennya.”

Leave a Reply