Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Dengarkan Musik yang Disukai Saat Olahraga

Topcareer.id – Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja otot. Lakukan olahraga dengan benar agar memiliki manfaat kesehatan yang diinginkan, salah satunya dengan mendengarkan musik favorit saat olahraga.  

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research memilih cara yang kurang konvensional untuk mengurangi tekanan selama latihan yang intens.

Setelah menganalisis sekelompok pria berusia perguruan tinggi yang dilatih ketahanan, para peneliti The Samford University di balik makalah tersebut menetapkan bahwa mendengarkan musik yang kamu nikmati saat berolahraga mengurangi rasa sakit dan meningkatkan stamina.

Baca Juga: Beragam Manfaat Musik yang Perlu Kamu Tahu!

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa efek mendengarkan musik yang disukai dibandingkan yang tidak disukai pada kinerja latihan ketahanan,” tulis para penulis, dikutip dari The Ladders.

“Penemuan saat ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang disukai oleh individu menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada yang tidak disukai selama latihan ketahanan. Atlet dapat memperoleh manfaat dari opsi untuk mendengarkan musik yang mereka sukai untuk meningkatkan motivasi dan performa latihan ketahanan.”

Mendengarkan musik yang lambat, melodius, dan non-syncopated music, juga telah dipelajari untuk mempercepat pemulihan otot. Pemulihan otot tidak hanya mencegah cedera, kelelahan, dan kerusakan jaringan lunak, tetapi juga membantu kita mencapai ketentuan.

Baca Juga: Menikmati Musik Keliling Kastem Ala Musikono

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan proses seperti minum cairan, mengikuti jadwal tidur yang konsisten, dan mengonsumsi protein, tetapi penelitian tentang peran musik dalam hal ini cukup terbatas.

Menurut para ahli, hanya membutuhkan 30 menit musik yang menenangkan pasca-latihan untuk secara dramatis meningkatkan pemulihan otot. Mekanismenya terutama bersifat psikofisiologis; yang berarti musik menjauhkan kesadaran kita dari rasa sakit dan stres yang terkait dengan olahraga yang ketat.

“Hasil menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang disukai meningkatkan pengulangan bench press secara keseluruhan. Selama 3 pengulangan pertama, kecepatan rata-rata, kecepatan puncak daya rata-rata relatif, dan daya puncak lebih tinggi saat mendengarkan musik yang disukai dibanding musik yang tidak disukai.”

Di samping musik pilihan dan musik yang menenangkan, penting untuk memisahkan aktivitas berat dari aktivitas fisik paling tidak 48 jam. Makanan ringan berprotein kecil adalah cara yang bagus untuk menghilangkan sensasi sakit saat tubuh memperbaiki dirinya sendiri.**(RW)

Leave a Reply