Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pilihan Karier untuk Sarjana Biologi atau Sains (Bagian 3)

Sumber fotot: Forbes

Topcareer.id – Jika kamu seorang yang mencintai sains dan tertarik dengan studi makhluk hidup, gelar biologi mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk meluncurkan dirimu dalam jalur karier biologi.

Gelar biologi mungkin terlihat sempit kariernya, namun sebetulnya justru membuka pintu bagi banyak kemungkinan karier.

Ingin tahu apa saja pilihan karier untuk jurusan biologi? Baca daftar pilihan karier umum untuk jurusan biologi berikut ini, plus deskripsi keterampilan yang akan kamu peroleh selama studi.

Bagian akhir dari artikel:

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 1)

Asisten dokter dan praktisi perawat
Asisten dokter dan praktisi perawat kini sedang berada dalam permintaan tertinggi sebagai penyedia layanan garis depan akibat pandemi virus corona. Biologi memberikan landasan yang sangat baik untuk pekerjaan lulusan di profesi yang serupa ini.

Bekerja di bidang ini harus memiliki pemahaman yang baik tentang sistem biologis manusia, anatomi, dan fisiologi untuk mendiagnosis masalah medis. Mereka juga membutuhkan pengetahuan lanjutan jurusan biologi tentang metode ilmiah untuk menafsirkan penelitian yang sedang muncul tentang berbagai pilihan pengobatan dan obat-obatan.

Selain itu, mereka juga harus memiliki bakat untuk belajar dan mengingat terminologi ilmiah dan medis. Karier ini membutuhkan setidaknya gelar master.

Manajer layanan medis dan kesehatan
Karier di bidang ini akan membutuhkan banyak waktu untuk berinteraksi dengan profesional layanan kesehatan.

Kamu harus dapat berkomunikasi dengan mereka tentang kebijakan dan prosedur ilmiah, serta harus dapat menafsirkan peraturan ilmiah terkait dengan layanan medis, dan memodifikasi program yang sesuai.

Manajer layanan medis dan kesehatan sering merekrut, mengawasi, dan mengevaluasi profesional dan peneliti kesehatan. Mereka harus dapat memahami nuansa kredensial dan kinerja mereka saat mereka menilai kandidat dan karyawan.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 2)

Pengacara
Bagaimana bisa jurusan biologi menjadi pengacara? Tentu saja bisa, karena ilmu biologi unggul dalam banyak bidang hukum yang mengacu pada pengetahuan ilmiah dan penalaran. Pengacara hak paten dan kekayaan intelektual perlu memahami ilmu di balik produk bioteknologi, obat-obatan, dan instrumen medis untuk memproses aplikasi untuk paten dan membela klien terhadap pelanggaran.

Sebagai pengacara lingkungan, kamu akan bekerja dalam mendukung dan menentang proyek serta kebijakan lingkungan berdasarkan pada pemahaman tentang bagaimana mereka akan berdampak pada ekosistem.

Sedangkan pengacara malpraktik medis harus memiliki pengetahuan ilmiah yang diperlukan untuk menganalisis intervensi medis dan menilai apakah profesional kesehatan telah bertindak secara etis dan benar.

Jurusan biologi belajar mengumpulkan bukti untuk menguji hipotesis. litigasi dan pengacara kriminal harus melakukan hal yang sama ketika mereka membangun sebuah kasus untuk klien. Banyak lulusan jurusan biologi memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah hukum.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 3)

Analis keuangan
Berkarier sebagai analis keuangan harus mampu mengevaluasi saham, obligasi, reksadana, dan investasi lain untuk klien dan bisnis. Jurusan biologi dapat menggunakan keterampilan matematika canggih mereka untuk membantu menilai keberhasilan berbagai investasi.

Sebagian besar analis fokus pada industri tertentu, dan jurusan biologi sangat cocok untuk bekerja sebagai analis dalam bioteknologi, farmasi, produk medis, layanan kesehatan, dan perusahaan lingkungan.

Analis keuangan, sama seperti jurusan biologi, mereka menggunakan sumber daya berbasis komputer untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk menarik kesimpulan.

Mereka harus memiliki keterampilan menulis untuk menghasilkan laporan yang merangkum temuan mereka. Gelar sarjana biologi sering kali cukup untuk memulai karier sebagai analis keuangan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply