Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pilihan Karier untuk Sarjana Biologi atau Sains (Bagian 2)

Sumber foto: Freepik

Topcareer.id – Jika kamu seorang yang mencintai sains dan tertarik dengan studi makhluk hidup, gelar biologi mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk meluncurkan dirimu dalam jalur karier biologi.

Gelar biologi mungkin terlihat sempit kariernya, namun sebetulnya justru membuka pintu bagi banyak kemungkinan karier.

Ingin tahu apa saja pilihan karier untuk jurusan biologi? Baca daftar pilihan karier umum untuk jurusan biologi berikut ini, plus deskripsi keterampilan yang akan kamu peroleh selama studi.

Bagian kedua dari artikel:

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 1)

Spesialis komunikasi kesehatan
Spesialis komunikasi kesehatan bertanggung jawab untuk mendidik masyarakat tentang masalah kesehatan, khususnya masalah kesehatan masyarakat, termasuk penyakit menular, manajemen kesehatan, dan hidup sehat.

Seringkali dipekerjakan oleh rumah sakit atau perusahaan perawatan kesehatan lainnya, spesialis komunikasi kesehatan juga dapat mengoordinasikan kampanye hubungan masyarakat, strategi pemasaran, dan keterlibatan masyarakat.

Karier ini membutuhkan keterampilan menulis dan interpersonal yang kuat, karena spesialis komunikasi kesehatan bertanggung jawab untuk membahas topik yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan penyakit kepada khalayak luas.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 2)

Pendidik kesehatan
Pendidik kesehatan mengajar orang-orang tentang praktik dan perilaku tertentu yang meningkatkan kesehatan. Mereka harus mampu mencerna informasi yang kompleks dan menafsirkan penelitian tentang masalah kesehatan masyarakat.

Mereka menggunakan metode ilmiah untuk menilai kebutuhan konstituen mereka sehingga mereka dapat merancang program yang relevan. Pendidik kesehatan membutuhkan pemahaman yang kuat tentang biologi manusia serta keterampilan komunikasi verbal untuk menyampaikan informasi ilmiah dalam bahasa yang mudah dipahami klien mereka.

Pendidik kesehatan juga menulis tentang topik ilmiah seperti nutrisi, seks aman, penyalahgunaan zat, dan pengurangan stres. Karena itu, mereka membutuhkan keterampilan komunikasi tertulis yang kuat.

Untuk menambah value dalam bidang ini, kamu bisa mengambil Certified Health Education Specialist (CHES) sebagai tambahan gelar sarjana sains.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Apoteker di Indonesia (Bagian 3)

Penjualan produk farmasi / medis
Sales representative untuk penjualan produk farmasi atau medis bertugas menjual persediaan medis, produk IT khusus medis, obat-obatan, dan lainnya ke rumah sakit, klinik, dan praktik medis lainnya.

Mereka diajarkan untuk memiliki pengetahuan yang kuat tentang kimia, anatomi, dan fisiologi sehingga dapat menjelaskan kepada dokter bagaimana obat baru akan mempengaruhi pasien mereka.

Para pekerja ini perlu memiliki pengetahuan teknologi untuk menjelaskan bagaimana suatu produk bekerja. Mereka juga membutuhkan pengetahuan ilmiah untuk dapat menjelaskan bagaimana produk ini akan bermanfaat bagi dokter dan pasien.

Karena itu, diperlukan keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply