Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Terjun ke Marketing Media Sosial? Ini Panduannya

Marketing Social Media

Topcareer.id – Memulai rencana pemasaran media sosial bisa jadi menakutkan. Ada banyak sekali pilihan seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Tik Tok, YouTube dan masih banyak lagi.

Kamu perlu membuat postingan, membuat iklan, mengomentari postingan orang lain, berinteraksi dengan audiens, memperbanyak audiens, dan tetap autentik sepanjang waktu.

Awalnya memang agak berlebihan, tetapi pemasaran di media sosial akan terus berkembang, jadi penting untuk mengingat beberapa tips berikut ini untuk mengembangkan bisnis kamu dan mengembangkan brand kamu di media sosial.

Kenali produk dan pelanggan
Apakah kamu mengetahui produk kamu dari sudut pandang pelanggan? Menjawab pertanyaan ini adalah cara yang membantu untuk menentukan strategi pemasaran kamu. Dengan mengetahui kepribadian pelanggan ideal kamu, maka kamu akan dapat membuat postingan yang menarik bagi mereka.

Baca Juga: Peran Penting Digital Marketing dalam Pengembangan Bisnis

Apa yang kamu jual? Mengapa kamu menjualnya? Apa yang paling kamu kenal? Apa brand kamu?

Dalam bio-persona pelanggan ideal, mereka akan seperti apa? Bisakah kamu membuat banyak persona dan menempatkan dirimu sebagai pelanggan ini?

Dengan menggunakan persona ini, coba pikirkan kata, gambar, atau video apa yang paling menarik bagi mereka?

Dengan menggunakan persona ini, coba tanyakan pada dirimu apa yang akan menarik mereka ke media sosial kamu dan apa yang akan membuat mereka menjauh dari media sosial kamu?

Baca Juga: Pilihan Kursus Online untuk Tingkatkan Kemampuan Digital Marketing

Pahami setiap platform media sosial
Apa pun yang kamu posting harus asli dan relevan dengan setiap platform media sosial. Apakah ini konten yang bagus untuk followers kamu saat ini? Apakah ini kompetisi untuk mendapatkan lebih banyak followers? Apakah ini posting bersponsor untuk mendapatkan trafic dan konversi? Bagaimana kata-kata dan gambar kamu bisa berhubungan dengan tujuan akhir kamu?
Captions kamu harus asli, ditulis dengan baik, tidak terlalu panjang (kecuali kamu seorang penulis), dan menarik serta berhubungan dengan audiens kamu. Manfaatkan siapa mereka dan apa yang mungkin ingin mereka dengar.

Ingat hal wajib ini dalam marketing media sosial: Gambar bagus, kata-kata bagus, format yang benar untuk semua video, bersikaplah tulus dan menyenangkan, lebih personal dengan aktif mengajukan pertanyaan. Tidak hanya itu, kamu juga harus selalu terlibat dan berinteraksi seperti mengomentari postingan lain dan membalas komentar yang ditinggalkan di postingan kamu.

Dapatkan bantuan jika kamu membutuhkannya
Kamu tidak harus melakukan ini sendirian. Itulah sebabnya ada banyak pakar yang siap membantu. Agensi pemasaran media sosial dapat membantu apa pun mulai dari postingan media sosial kamu, hingga mempekerjakan penulis, desainer grafis, dan videografer untuk menghasilkan konten yang relevan dengan brand dan berkualitas tinggi. Memulai dengan biro iklan membantu menyelesaikan berbagai hal. Jika bisnis kamu sudah mulai berjalan dan terus meningkat, kamu bisa mempercayakan bisnis kamu pada seseorang untuk menjalankannya agar kamu bisa melakukan hal lain untuk terus membuat bisnis marketing media sosial kamu berkembang.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply