Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Survei: 74% Orang di Dunia Bersedia Diimunisasi Vaksin Covid-19

9 dari 10 Negara Afrika Melewatkan Target Vaksinasi Covid-19Foto Ilustrasi Vaksin Covid-19

Topcareer.id – Menurut Survei Forum Ekonomi Dunia, sekitar 74% orang dewasa di seluruh dunia bersedia diimunisasi terhadap virus corona jika vaksin tersedia, tetapi itu mungkin tidak cukup untuk mengalahkan virus yang menyebar cepat.

Survei oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) dan firma riset pasar Ipsos yang dirilis Selasa (1/9/2020), menyurvei hampir 20.000 orang dewasa di 27 negara selama dua minggu, antara 24 Juli dan 7 Agustus tahun ini.

Mengutip CNBC, mayoritas responden dari semua negara menyatakan kesediaan mereka untuk mendapatkan vaksin, hasil survei menunjukkan.

Baca Juga: Negara Kaya Rebutan Vaksin Covid-19, Bagaimana Nasib Negara Berkembang dan Miskin?

China adalah negara yang paling antusias dengan 97% responden menyatakan mereka ingin divaksinasi, sementara Rusia paling tidak bersedia dengan hanya 54% tertarik untuk melakukannya, survei menemukan.

Namun, menurut WEF, masih mengkhawatirkan bahwa sekitar seperempat orang di seluruh dunia tidak berniat untuk mendapatkan vaksin.

“Kekurangan 26% dalam kepercayaan vaksin cukup signifikan untuk membahayakan keefektifan peluncuran vaksin Covid-19,” kata Arnaud Bernaert, Kepala Pembentukan Masa Depan Kesehatan dan Perawatan Kesehatan di WEF.

Covid-19 adalah nama resmi dari penyakit virus korona, yang telah menginfeksi lebih dari 25,4 juta secara global dan membunuh lebih dari 850.500, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Alasan yang paling sering dikutip untuk tidak menginginkan vaksin adalah kekhawatiran tentang efek sampingnya, menurut temuan survei. Faktor lain yang disebutkan oleh responden termasuk persepsi mereka bahwa vaksin mungkin tidak efektif dan mereka tidak cukup berisiko dari virus.

Berikut beberapa sorotan lain dari survei tersebut:

– Kurang dari setengah – atau sekitar 41% – responden di seluruh dunia mengharapkan vaksin tersedia untuk umum tahun ini;

– Di Amerika Serikat, negara dengan jumlah kasus kumulatif dan kematian tertinggi, 67% responden mengatakan mereka akan mendapatkan vaksin;

– China adalah yang paling optimis tentang ketersediaan vaksin pada tahun 2020, sedangkan responden dari Polandia dan Jepang menunjukkan yang paling skeptis.**(RW)

Leave a Reply