Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Jadi Ahli? Lakukan 3 Hal Ini

Dok/CMO Australia

Topcareer.id – Apakah kamu menganggap dirimu sebagai ahli dalam industri kerjamu? Kamu mungkin lebih dari yang kamu sadari. Dalam TEDx Talk yang menarik, konsultan pemasaran, mentor Google, dan PhD psikologi David Mitroff memilah pertanyaan tentang apa yang diperlukan untuk menjadi ahli dalam suatu hal.

“Jadi, kapan kamu menjadi ahli?” Mitroff bertanya, mengutip laman Inc. “Apakah ketika orang lain mengatakannya kepadamu? Apakah ketika dua orang tua mengatakannya padamu atau teman-temanmu? Apakah saat dirimu yang mengatakannya?”

Mitroff mengatakan, jika kamu ingin menjadi ahli dalam sesuatu, lakukan tiga hal ini:

1. Luangkan waktu tiga tahun untuk mempelajari topikmu

“Setelah banyak penelitian, dan banyak waktu dan rasa sakit, saya yakin butuh tiga tahun untuk menjadi seorang ahli,” katanya.

“Sekarang apakah itu berarti Kamu hanya menunggu tiga tahun dan kemudian berkata, ‘Oke, saya seorang ahli sekarang’? Tidak, Kamu sebenarnya harus melakukan sesuatu,” katanya.

Mulailah dengan memperoleh pengetahuan, dan kemudian terus belajar. Penelitian menunjukkan bahwa para ahli terus belajar dan mendidik diri mereka sendiri lebih dan lebih, dan mereka mengelilingi diri mereka dengan orang lain untuk menjadi lebih ahli.

Baca juga: Tip Rekrut Ahli Keamanan Cloud dan Cara Bikin Mereka Betah

2. Bangun kepercayaan diri

Menjadi seorang ahli tidak akan banyak membantumu jika kamu tidak pernah memberi tahu siapapun tentang hal itu.

“Kamu harus percaya pada diri sendiri. Kamu harus percaya pada produkmu, atau pada layananmu. Kamu harus percaya pada komunitasmu, dan kamu harus percaya pada apa yang kamu lakukan,” kata Mitroff.

Jika kamu telah mengikuti langkah pertama dan meluangkan waktu untuk mempelajari topikmu dan melatih keterampilan, maka kamu setidaknya telah menempuh beberapa cara untuk menjadi seorang ahli.

Menjadi ahli bukan berarti Kamu tidak pernah salah, bukan berarti kamu benar-benar tahu segalanya, dan bukan berarti pakar lain akan selalu setuju denganmu. Ini berarti kamu telah meluangkan waktu dan pekerjaan untuk mempelajari topikmu sebanyak mungkin, dan terus belajar lebih banyak setiap hari.

3. Ambil tindakan

Keahlianmu tidak akan berguna bagi siapapun jika yang kamu lakukan hanyalah duduk-duduk sambil mengatakan betapa ahli dirimu. Jadi gunakan keahlianmu untuk penggunaan praktis.

Sebagai konsultan pemasaran, Mitroff membuat pengamatan yang cerdik: Kebanyakan orang yang dinominasikan untuk penghargaan tidak memenangkannya, tetapi fakta bahwa dinominasikan membawa mereka lebih visibilitas dan prestise.**(Feb)

Leave a Reply