Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Lima Cara Membuat Ruang Kerja yang Sempurna Saat WFH

Topcareer.id – Bekerja dari rumah di masa pandemi saat ini bukan perkara mudah. Menciptakan lingkungan produktif yang menyeimbangkan antara nyaman dan bebas kekacauan bisa menjadi hal yang sulit dilakukan.

Penasihat Gaya Interior, Rebecca Snowden di Furniturechoice.co.uk berbagi tips dan ide tentang cara menciptakan ruang kantor rumah yang paling produktif, seperti dalam laman Your Coffee Break.

1. Jaga agar tetap hijau

Penelitian menunjukkan bahwa penghijauan adalah kunci dalam hal konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih tenang. Faktanya, The American Psychological Association menemukan bahwa pekerja di ruangan yang memiliki tanaman menunjukkan produktivitas 15% lebih tinggi daripada mereka yang tidak, jadi sebaiknya gabungkan hijau ke dalam kantor rumahmu.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Mata Saat WFH

Tanaman terbaik untuk dimasukkan ke dalam ruang kantor rumah Anda, adalah: Peace Lily, Devils Ivy, Chinese Evergreen.

2. Biarkan cahaya masuk

Pencahayaan yang buruk dapat membuatmu merasa lelah, mata tegang dan membuat pusing, yang semuanya dapat menghilangkan fokus dan motivasi. Sebuah studi baru-baru ini juga menemukan korelasi positif langsung antara siang hari dan produktivitas, menemukan bahwa cahaya alami meningkatkan kewaspadaan.

Artinya, ruangan dengan penerangan yang baik sangat penting untuk ruang kantor rumah yang baik, jadi sebaiknya siapkan meja di dekat jendela dan jauhi lampu listrik yang keras.

3. Gunakan warna-warna cerah

Warna kamar dapat mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan secara drastis. Faktanya, psikolog warna telah mengonfirmasi bahwa warna ruangan memengaruhi perilaku, suasana hati, dan konsentrasi- jadi memilih warna yang tepat untuk kantor rumahmu sangat penting.

Pilih biru untuk kejernihan, produktivitas

Pilih hijau untuk ketenangan, kepastian, relaksasi

Pilih kuning untuk kebahagiaan, kepositifan, energi

4. Bereksperimen dengan aroma

Cobalah bereksperimen dengan beberapa aroma berbeda di kantor rumahmu. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bau memengaruhi suasana hati, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah kita, dan satu penelitian di Jepang menemukan bahwa menyebarkan minyak lemon melalui kantor meningkatkan kinerja pekerja sebesar 54%.

Pine – untuk kewaspadaan

Kayu manis – untuk fokus

Lavender – untuk bersantai

Peppermint – untuk mengangkat mood

Jeruk (apa saja) – untuk terjaga.

5. Jaga agar tetap sejuk

Penelitian telah menunjukkan bahwa produktivitas dapat menurun drastis jika suhu lingkungan kerja tidak tepat untukmu. Menurut satu tinjauan dari OSTI, suhu ideal adalah antara 21 dan 25 derajat Celcius, dengan tingkat konsentrasi turun 2% untuk setiap derajat di atas 255. Untuk menghindari penurunan konsentrasi, pastikan tingkat suhu tetap konstan.**(RW)

Leave a Reply