Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Ingin Produktivitas Maksimal saat Kerja dari Rumah? Ini Rahasianya

Topcareer.id – Bekerja dari rumah tidaklah sesederhana kedengarannya. Garis tipis antara rumah dan pekerjaan, serta berbagai distraksi yang ada akan sanggup membuat pekerjaanmu, atau kehidupan pribadimu berantakan.

Oleh karena itu, lebih baik kita mempersiapkan diri agar produktivitas kita tetap terjaga meski dihasilkan dari dalam rumah. Seperti dikutip dari Lifehack.org, Kamis (3/12/2020), berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan dengan tubuhmu, untuk bisa mencapainya.

Tidur
Ada alasan mengapa kita menghabiskan sepertiga dari hidup kita untuk tidur. Tidur adalah kekuatan super yang kita miliki secara inheren, dan sangat penting untuk memungkinkan otak dan tubuh pulih, serta untuk konsolidasi ingatan dan pemrosesan kognitif tingkat tinggi.

Jika Kamu benar-benar ingin menyelesaikan lebih banyak saat bekerja dari rumah, prioritaskan tidurmu dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap malam. Template ini akan membantu kamu menyesuaikan ritme sirkadian dan meningkatkan kemampuanmu untuk merasa segar secara konsisten.

Tidur siang juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memberi otak dan tubuh waktu istirahat singka. Cobalah lakukan tidur siang kurang dari 20 menit, yang merupakan ambang di mana otak bisa tertidur lebih nyenyak. Ingat, Beristirahat lebih lama dari waktu tersebut dapat menyebabkan kamu bangun dengan perasaan pening dan lelah. Itu terjadi karena kamu akan bangun di tengah siklus tidur.

Latihan fisik
Latihan fisik adalah salah satu penggerak paling kuat dari otak dan sistem saraf kita. Ada alasan mengapa bayi bergerak di dalam rahim ibu. Ya, Gerakan dikenal sebagai kekuatan pendorong yang signifikan di balik perkembangan dan pendewasaan sistem saraf kita.

Meskipun bayi mungkin tidak dengan sengaja melakukan gerakan itu sendiri, kita tahu bahwa aktivitas fisik adalah dasar dasar untuk perkembangan otak yang tepat dan sistem pemrosesan kognitif tingkat tinggi.

Meski kebanyakan atribut latihan fisik dilabeli sebagai cara untuk menurunkan berat badan, membangun otot, dan menjaga BMI yang sehat, tetapi kegiatan itu juga membawa manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental dan emosional kita.

Latihan aerobik seperti jogging, berenang, bersepeda, dan berjalan dapat mengurangi kecemasan dan depresi, dengan meningkatkan aktivitas di lobus frontal, wilayah otak yang terkait dengan harga diri yang positif, kepribadian, dan pemrosesan kognitif.

Gerakan juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kemampuan kita untuk mempelajari tugas-tugas baru dan fokus, karena itu mempengaruhi produksi protein tertentu, seperti Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang bertanggung jawab untuk mengoptimalkan neuroplastisitas, pembelajaran, dan memori.

Baca juga: 5 Tips Produktivitas Kerja Ini Sudah Usang, Perlu Disingkirkan

Makan
Nutrisi adalah kunci kesehatan, yang membantu kita memelihara otak dan tubuh kita, untuk terus menerus direnovasi dan diperbaiki dari stres yang kita berikan pada diri kita sendiri di sepanjang hidup.

Pemilihan makanan yang baik dapat secara signifikan mengubah perasaan kita, serta menjasi sumber bahan bakar utama untuk tangki bensin tubuh kita. Ingat, Makanan tidak hanya memberi makan tubuh kita lho, tapi juga memberi makan bakteri yang hidup di dalam tubuh kita.

Bakteri menguntungkan ini membentuk hubungan simbiosis dengan tubuh kita, di mana kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dari keberadaan satu sama lain.

Mereka memainkan peran besar dalam mengatur proses inflamasi yang mendasari, dan baru-baru ini terlibat dalam mediasi timbulnya kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, dan Multiple Sclerosis. Bakteri usus juga berperan besar dalam mengatur sistem kekebalan kita, karena hampir 70% dari sistem kekebalan kita terletak di usus kita.

Profil bakteri usus kita juga memainkan peran penting dalam produksi neurotransmiter. Perkiraan terbaru menyatakan bahwa usus kita menghasilkan hampir 90% serotonin tubuh kita, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman yang menjadi tidak seimbang dalam kondisi seperti depresi, kecemasan, dan PTSD.

Makanan tidak lagi dipandang hanya karena rasa dan teksturnya. Ini dapat memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraanmu secara keseluruhan, memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat energi, serta produktivitasmu. Para pemimpin sejati memahami asas-asas ini dan akan melakukan apa yang diperlukan untuk membawa permainan mereka ke tingkat berikutnya.

Manajemen Waktu
Jika kamu merasa kesulitan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan, maka manajemen waktu adalah jawabannya.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya, seperti mendisiplinkan diri dari dalam, atau mencoba beberapa teknik untuk memaksimalkan manajemen waktu, salah satunya adalah dengan mencoba teknik Pomodoro.

Lewat hal itu, kita sebagai pekerja jarak jauh akan mampu meningkatkan produktivitas, dan menghilangkan faktor-faktor luar yang dapat membuat kita menjauh dari pekerjaan kita.

Memiliki goals
Jika kamu mampu menjadwalkan potong rambut setiap beberapa bulan, atau mampu menjadwalkan service kendaraan, maka seharusnya kamu juga tak kesulitan untuk menjadwalkan kesuksesan. Penjadwalan adalah cara yang konsisten untuk memastikan segala sesuatunya selesai.

Bekerja dari rumah memberikan banyak kemewahan yang tidak dapat ditemukan di kantor, tetapi kenyamanan yang didapat bisa menjadi boomerang jika kamu memilih untuk mencari celah untuk menikmati waktu senggang lebih lama.

Oleh karena itu, cobalah tetapkan jadwal kapan dan bagaimana kamu ingin bekerja.

Jangan sampai kamu jatuh ke dalam perangkap untuk bekerja sepanjang hari, hanya untuk beberapa distraksi yang tidak perlu, atau ketidakadaan jadwal yang bisa memaksamu untuk bekerja tepat waktu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply